Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Hore… Tol Padang-Pekanbaru Jadi Juga

Dibaca : 1.6K

Baca Juga :

Alex Indra Lukman : Hentikan Saja Operasional Kereta Api di Padang

PKI Membonceng Penumpasan PRRI, Orang Minang Dibantai

Sumbar Juga Punya Perempuan Inspiratif Loh … Ini Sosok Mereka

Prokabar, Padang – Bangga. Itulah kesan bahasa tubuh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tatkala bicara kepada pers di Padang, Selasa (3/10). Betapa tidak, dua pekan dari sekarang Presiden Jokowi, akan ke Sumbar.
Kepala Negara akan melakukan ground breaking alias pembangunan awal tol Padang-Duku-Sicincin-Pekanbaru. Untuk Padang – Sicincin saja dibangun dengan anggaran Rp6 triliun sepanjang 27 kilometer dan lebar 60 meter. Sedangkan dari arah Pekanbaru dimulai dari Pekanbaru-Kampar sepanjang 17 kilometer. Di ruas jalan tol itu akan terowongan sepanjang 7 kilometer lintasan Bukit Barisan dekat Payakumbuh.

“Dua pekan lagi, Bapak Presiden Jokowi akan ke Sumbar, sekarang sedang dipersiapkan teknis lapangan,” kata Irwan pada prokabar.com dan wartawan lain di kantor gubernuran.

Tol Padang-Pekanbaru hampir jadi dongeng. Jika memang akan diresmikan mulainya pekerjaan fisik jalan bebas hambatan itu, maka mimpi jadi kenyataan. Jalan ini panjangnya 240 Km. Sebagian besar masih dalam survei kemana jalan ini berkelok atau lurus. Lewat mana, belum jelas benar. Untuk jalan sepanjang itu perlu Rp35 triliun. Uangnya? pinjamlah ke luar negeri kemana pula akan dicari. Ada sih kerjasama dengan BUMN. Pembangunan fisik dimulai 2018, sementara tahapan pembebasan lahan Oktober ini.

Selain tol idaman itu, apalagi yang akan diresmikan Jokowi?

Meresmikan pengendalian banjir Batang Anai. Kemudian pabri Indarung VI PT Semen Padang. Lantas menyerahkan sertifikat tanah masyarakat dalam proram lima juta. Berikut  peresmian Balai Pendidikan Dan Pelatihan Pelayaran (BPPP) di Padang Pariaman.

Irwan membeberkan itu setelah menerima informasi dari Jakarta atas kedatangan kepala negara ke sini.

“Pak Basuki (menteri PU) menelepon saya tadi malam berikan informasi tersebut, bahwa Presiden akan ke Sumbar terkait pembangunan jalan tol Padang- Pekanbaru ini,” ulasnya. Demikian prokabar.com mengabarkan.(laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top