Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

HIPMI Padang Serahkan Bilik UVC ke RS Unand

Dibaca : 90

Padang, Prokabar – Setelah melakukan pengerjaan tiga hari, bilik ultraviolet (chamber disinfection UVC) persembahan BPC HIPMI Padang diserahkan ke Rumah Sakit Unand. Bilik tersebut langsung diterima Dirut RS Unand, Dr.dr. Yevri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U beserta jajaran direksi di sekretariat tim kewaspadaan Covid-19, Universitas Andalas.

Dirut RS Unand, Yevri Zulfiqar mengatakan, bilik ultraviolet tersebut sangat bermanfaat bagi tim medis, terutama dalam penanganan pasien PDP dan ODP di rumah sakit ini. Tidak membutuhkan waktu lama bagi pasien melalui bilik ultraviolet C tersebut. Menurutnya sinar UVC untuk proses dekontaminasi kuman, alat setelah penanganan pasien Covid-19 sangat bagus serta mampu menseterilkan alat-alat medis.

“Sebab pendekomentinasi melalui UVC itu telah mencakup pembersihan, desinfeksi serta sterilisasi. Sangat berfungsi bagi kami (medis) dan pasien,” katanya, kemarin.

Rencananya bilik ultraviolet C tersebut akan dipergunakan para medis RS Unand untuk mendekontaminasi saat penanganan pasien Covid-19. Dokter Yevri menjelaskan, gelombang yang dipergunakan nantinya 290-100 nano meter. Sebab dengan kekuatan gelombang itu dapat membersihkan Alat Pelindung Diri (APD) yang dipergunakan perawat, dokter dan para medis lainnya. Sambungnya, sinar UVC sebetulnya telah dipergunakan telah lama dan memang dipergunakan untuk mensterilkan kuman atau virus saat penanganan pasien.

Yevri sangat berterima kasih atas bantuan dan gagasan dari HIPMI Padang yang telah membantu medis dalam penanganan pasien Covid-19. “Bantuan dari HIPMI Padang peduli sangat berarti bagi kami dan sangat bermanfaat. Terobosan dan inovasi dari HIPMI sangat membantu para medis,” katanya.

Ketua BPC HIPMI Padang, Mohammad Roxas mengatakan, hadirnya bilik ultraviolet C tersebut sebagai bentuk kepedulian HIPMI untuk membantu semua pihak dalam penanganan Covid-19. Pembuatan bilik UVC ini pun dalam pengawasan tim medis, sehingga aturan gelombang sinar UVC dapat terukur dengan baik, sesuai dengan aturan kesehatan.

“Kami sangat menyambut baik atas respon positif dari pihak RS Unand, dan kami berharap ini dapat bermanfaat bagi tim medis dan pasien, sehingga virus work out dari tubuh,” ujar Roxas, didampingi Pembina HIPMI Padang, Dady Fatria dan penasehat, Maidestal Hari Mahesa.

Roxas melanjutkan, saat ini baru satu bilik sinar UVC diserahkan ke RS Unand. Dalam waktu dekat akan diserahkan ke RSUP. M Djamil Padang. Ini merupakan program HIPMI Padang peduli dalam penanganan dan mencegah Covid-19. Ini termasuk membantu medis sebagai tim garda terdepan menolong para pasien Covid-19.

“Saat ini baru dua bilik kami buatkan, bila ada ingin dibantu membuatkan kami dari HIPMI Padang siap membantu. Satu catatan penting ialah sinar UVC tersebut bukan produk lokal tetapi produk kesehatan yang didatangkan dari luar negeri, kita tidak ingin warga salah tafsir terkait hal ini,” tutup Roxas. (*/mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top