Daerah

Hingga Hari Ini, Sudah 15 Organisasi Perantau Terdata Pulang Basamo

Padang, Prokabar — Hingga pekan kedua Ramadan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendata ada 15 organisasi perantau tingkat nagari dan kecamatan yang telah mendaftarkan agenda pulang bersama pada lebaran tahun ini.

Kepala Biro Kerja Sama Pembangunan dan Rantau, Luhur Budianda yang ditemui di ruangannya mengatakan, jumlah tersebut akan terus bertambah karena setiap hari pihaknya melakukan komunikasi dengan daerah-daerah terkait perantau yang akan pulang bersama.

“Dari data sampai saat ini sudah 15 organisasi, dan Kabupaten Solok yang paling ramai. Jumlah ini masih akan berkembang, kami kumpulkan data tiap hari,” ungkapnya, Selasa (21/5).

Pihaknya memperkirakan para perantau akan mulai bergerak hari Minggu (26/5) menuju Sumatera Barat. “Ada dari Jakarta dan Bali,” sambungnya.

Dirinya berharap, kepulangan perantau selain menjalin silaturahmi juga meningkatkan perekonomian kampung halaman. “Kita tidak hanya menunggu mereka datang, kita di daerah juga menyiapkan iven dan program yang bisa dibuat untuk menyambut pulang basamo,” jelasnya.

Berikut daftar Organisasi Perantau yang Akan Pulang Basamo

Tanah datar

  1. Nagari Kumango

Agam

  1. Nagari Kamang Hilia
  2. Nagari Pakan Sinayan
  3. Nagari Sungai Batang

Padang pariaman

  1. Nagari III Koto Aia Malintang Selatan

Pesisir Selatan

  1. Kecamatan Lengayang

Kabupaten Solok

  1. Nagari Sulik Aie
  2. Nagari Pasilihan
  3. Nagari Sibarambang
  4. Nagari Labuah Panjang
  5. Nagari Tanjuang Baliak
  6. Nagari Koto Baru
  7. Nagari Pianggu
  8. Nagari Kinari
  9. Nagari Muaro Paneh

(hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top