Daerah

Hindari Kegiatan Naik Di Jalan, Inspektorat Padang Pariaman Ketat Review OPD

Padang Pariaman, Prokabar — Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman berupaya ketat melakukan pengawasan pengelolaan keuangan setiap OPD. Inspektorat selaku pihak berkepentingan dalam hal tersebut menegaskan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah tersebut untuk tidak melakukan program perencanaan sesuai yang telah ditetapkan.

“Jangan lagi ada program OPD yang naik dijalan, dan mendapat teguran bahkan pelanggaran hingga adanya penindakan hukum dari pihak berwenang,” tegasnya kepada OPD disampaikan ke Prokabar.com, Senin (4/11).

Terkait hasil hasil reviu atas Dokumen Perencanaan dan Penganggaraan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dinas Arsip dan Perpustakaan dinilai terbaik. Reviu dilaksanakan oleh Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) terhadap Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) OPD pada APBD tahun 2020 yang dihadiri langsung oleh Kepala OPD beserta staf.

“Hasil review RKA per OPD tahun 2020 sudah kita sampaikan ke Kepala OPD. Saya rasa Dinas Arpus yang terbaik,” terang Inspektur Hendra Aswara saat dihubungi Prokabar.com, Sending (4/11).

Pelaksanaan reviu RKA untuk memberikan keyakinan terhadap kualitas Dokumen Perencanaan dan Penganggaran Tahunan Daerah, untuk menjamin konsistensi dan keterpaduan antara perencanaan dan penganggaran agar menghasilkan APBD yang berkualitas serta menjamin kepatuhan terhadap kaidah-kaidah perencanaan dan penganggaran.

“Kita menghindari ada kegiatan yang naik di jalan tanpa perencanaan,” ujar mantan Kadis Sosial tersebut.

Dokumen tersebut lanjutnya, terlebih dahulu dicermati Tim Bappeda dan TAPD, setelah itu APIP melakukan reviu. Reviu tersebut dilakukan mulai tanggal 19 sampai 25 Oktober 2019 lalu. Melalui percermatan data dan dokumen, serta diskusi klarifikasi dengan OPD terkait. Tim Reviu terdiri dari 4 Tim dengan pembagian tugas reviu sesuai dengan Ketugasan Pendampingan dan Asistensi OPD di Inspektorat Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

“Berita acara hasil reviu ditandatangani oleh Kepala OPD dan kami apresiasi yang sudah melakukan sinkronisasi antara perencanaan, indikator kinerja, target kinerja dan anggaran yang memadai,” tuturnya.

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni berharap Inspektorat berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan yang tata azas, taat aturan dan taat hukum. “Tim TAPD dan Inspektorat harus bersinergi mulai perencanaan hingga penganggaran untuk menghasilkan APBD yang tepat sasaran sesuai visi misi Kepala Daerah,” pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top