Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Hewan Qurban di Agam Diprediksi Menurun

Dibaca : 225

Agam, Prokabar — Pemotongan hewan qurban pada hari raya Idul Adha 1441 hijriyah sebelumnya diprediksi meningkat, tapi akan mengalami tekanan yang berdampak kepada pengurangan jumlah hewan yang akan disembelih.

Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Agam, Iswan Hendri menyebutkan, prediksi sebelumnya diambil pada perhitungan kondisi normal sebelum Covid-19 sebanyak 5.681 ekor.

“Setelah dilihat perkembangan di lapangan, terjadi pengurangan sekitar 18 persen dari prediksi sebelumnya,” ujarnya dilansir dari MC Agam, Kamis (16/7).

Menurutnya, berkurangnya jumlah hewan ini, setelah tim di lapangan melakukan pendataan kepada penampung hewan qurban, masjid/mushala, panitia qurban serta pasar ternak.

Ia menilai, sejak pemberlakuan new normal, pasar ternak sudah mulai beroperasi dan ternak yang akan dijual juga meningkat. Tetapi untuk tingkat transaksi berkurang dibanding tahun lalu.“Hal ini tidak terlepas dari faktor ekonomi, karena sejak pandemi Covid-19 perekonomian masyarakat jauh merosot terutama dikalangan pedagang,” sebut Iswan.

Tidak hanya masyarakat di kampung, tetapi perantau juga terdampak wabah virus corona itu.

Ditambahkan, perantau adalah penyumbang hewan qurban yang cukup tinggi di Kabupaten Agam.“Tetapi melihat kondisi saat ini, dapat diyakini terjadi pengurangan. Jika sebelumnya berqurban 3 ekor, sekarang bisa jadi 1 ekor,” terangnya. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top