Daerah

Herman Nazar Kembali Terpilih DPW PKDP Riau, Ini Visi dan Misinya!

Dibaca : 184

Pekanbaru, Prokabar – Haji Herman Nazar kembali dipercaya menjadi Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Keluarga Daerah Piaman (DPW PKDP Provinsi Riau) periode 2021-2025. Pengangkatan setelah hasil Muswil IV PKDP Provinsi Riau, di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Sabtu (3/5).

Terpilihnya Mantan Pejabat Pemkot Pekanbaru ini, menjadi tumpuan harapan memdongkrak eksistensi dan peran perantau terhadap kemajuan masyarakat Pariaman dan Padang Pariaman kedepannya. Baik berada di perantauan maupun di ranah kampung halaman.

“Jelas, kami memiliki visi dan misi yang kuat untuk meningkatkan kekeluargaan, kekompakan, solidaritas dan mewujudkan tujuan dari Anggaran Dasar serta Anggaran Rumah Tangga PKDP,” ungkapnya kepada Prokabar.com, usai pengukuhan dan pelantikan Pengurus DPW PKPD Provinsi Riau, Sabtu malam (3/5).

Salah Satu Tokoh Masyarakat Lancang Kuning keturunan Kuraitaji Pariaman ini melanjutkan, PKDP harus lebih memperkuat mental karakter anggota, memupuk kebersamaan, sosial, budaya dan ekonomi. Terutama dalam bidang keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Melestarikan adat dan budaya serta tidak kalah pending, meningkatkan kesejahteraan keluarga Piaman.

“Kami memiliki rencana membuat usaha mikro dan makro bersama sejumlah perantau yang telah bersedia memberikan lahan usaha. Membuat koperasi dari himpunan sejumlah pengusaha sukses. Mendirikan rumah makan besar, minimal satu unit di masing-masing kabupaten/kota di Riau,” terangnya.

Tidak hanya itu, PKDP Riau kedepannya akan mendirikan Lazis (Lembaga Amil Zakat). Selain ribuan orang perantau yang terhimpun di PKDP Riau, juga ada minimal 6 orang pengusaha sukses terbesar yang akan telah rutin berzakat setiap tahunnya. Setiap perorang, mereka berzakat 2 milyar hingga 6 milyar pertahun. Dari 25 persen zakat yang terkumpul di Lazis PKDP Provinsi Riau itu, akan kembali disalurkan ke Baznas Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Dalam Muswil IV PKDP Provinsi Riau tersebut dihadiri Jumlah 150 orang peserta dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Pada kesempatan itu, Angku Yusbir Datuk Bandaro Bodi atau lebih populer dikenal Angku Yus Datuak Parpatiah turut hadir dalam undangan perhimpunan itu.

Angku Yus Datuak Parpatih memberi nasihat agar terus kuat mempertahankan eksistensi persatuan rumpun melayu Minang Piaman, yang telah mendunia tersebut. “Saya telah lama mengenal PKDP. Dan cukup kuat dan solid dalam menjaga jalinan silahturahmi pada sesamanya. Hal ini tidak hanya mengharumkan orang Piaman, malah membawa positif pada komunal suku Minang yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Peran perantau jelas berdampak positif terhadap kemajuan daerah kampung halamnnya. Karena setiap tahun pulang bersama, berkontribusi terhadap pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan sarana prasarana.

“Hampir seluruh daerah rantau dari perantau Minang dan Piaman membangun masjid. Dan setiap tahunnya, mengirimkan donasi kepada masyarakat kampung halaman untuk membangun rumah ibadah, rumah tahfiz dan pembangunan fisik atau non fisik lainnya. Untuk itu, teruslah himpun kekuatan kebersaman ini. Berbuatlah seperti Pahlawan Nasional berdarah Minang terdahulu. Merintis kemerdekaan Indonesia dengan jiwa kesatria dan penuh pengorbanan diri. Dengan harapan, generasi selanjutnya terlahir berkarakter kuat dan maju. Sesuai budaya dan Agama Islam yang tangguh,” tutup Budayawan Asal Nagari Sungai Batang tersebut. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top