Daerah

Hebat, TMMD Terbukti Bantu Pemkab dan Masyarakat Agam

Palembayan, Prokabar – Kodim 0304 Agam melaksanakan Program Tentara Manunggal Membangun Desa/ Nagari (TMMD/N) di Nagari Sungai Pua, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. Pembukaan dimulai 10 Juli secara resmi Bupati Agam, Indra catri, dihadiri Korem 032 Padang diwakili Kasrem 032, beserta jajaran TNI AD, TNI AL, dan TNI AU beserta OPD dan Ninik Mamak Nagari Palembayan. Kegiatan ditargetkan tuntas 8 Agustus 2019 nanti.

Menurut Bupati Agam, Indra Catri, TMMD telah puluh tahun ada (dulunya AMD) dan terbukti berdampak besar terhadap pembangunan serta kesejahteraan masyarakat. Bila dihitung nilai anggaran, jauh separoh nilai anggaran bila dibangun pemerintah daerah. “Ada dua persoalan di sini, pertama semangat dari penyelenggara TMMD sendiri dan semangat masyarakat. Ada doa di situ. Kita bikin jalan yang besar sekarang, siapa tahu suatu saat nanti nagari ini menjadi besar, negeri ini berkembang, jadi kita tidak dua kali bikin jalan,” ungkapnya.

Ia menambahkan akses jalan yang akan dibangun sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 10 meter, dan jalan tidak satupun ada ganti rugi dari masyarakat. Selain jalan yang juga akses baru menuju sebuah perkampungan terpencil, juga ada pembangunan 5 unit bedah rumah tidak layak huni dan 1 unit musalla. Satu unit rumah dianggarkan 15 juta rupiah dengan tipe 52 dari anggaran Baznas Agam.

“Tadi itu tipe 52 dengan anggaran hanya 15 juta dengan goro TNI dan masyarakat. Untuk pegawai saja hanya tipe 36, hebatkan. TNI dilawan!,” ujar Bupati Indra Catri.

Sementara itu, Dandim 0304 Agam, Letnan Kolonel Viktor menjelaskan TMMN ke 105 di Palembayan secara resmi telah dibuka 10 Juli, dan berakhir 8 Agustus 2019. “Sebelumnya, 2 minggu lalu kami sudah memulai pra-TMMD. Sesuai disampaikan Bapak Bupati, mumpung ninik mamak dan masyarakat memberikan tanahnya untuk akses jalan yang pada awalnya hanya 7 meter lebarnya, kini sudah disetujui 10 meter. Dengan panjang tetap 2,2 kilometer,” katanya.

Ia berharap pelaksanaan TMMD di Nagari Sungai Pua, Kecamatan Palembayan ini dapat tuntas dimanfaatkan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan. “Semoga masyarakat dapat menikmati dan sejahtera nantinya,” pungkas Letkol Victor. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top