Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Hebat, Puskesmas Lubuk Alung Raih Akreditasi Paripurna Pertama Di Sumbar

Dibaca : 1.1K

Padang Pariaman, Prokabar — Puskesmas Lubuk Alung berhasil meraih prestasi dengan mendapat status Akreditasi Paripurna. Salah satu pengakuan dari pemerintah pusat terkait manajemen rumah sakit yang telah memenuhi standar yang ditetapkan. Pengakuan melalui penilaian Komisi Akreditasi Rumah Sakit atau KARS.

Untuk saat ini, pengakuan tersebut satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat, baru didapatkan Puskesmas Lubuk Alung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, Yutiardi Rivai didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) dr. Syafrinawati, MARS kepada media di kantor Bupati Padang Pariaman usai melapor ke Bupati Padang Pariaman, Senin (21/10).

“Penilaian dilakukan tanggal 27 hingga 31 Agustus 2019 lalu di Puskesmas Lubuk. Saat itu juga dilakukan penilaian di Puskesmas Pasar Usang. Tim Surveyor kita sambut dengan prosesi acara seremonial dipimpin Asisten Pembangunan, Idarussalam, kebetulan waktu itu saya sedang menunaikan tugas menjadi Pendamping Haji bidang Kesehatan,” Ungkap Kadiskes Padang Pariaman, Yutiardi Rivai kepada Prokabar.com, Selasa (22/10).

Tim Surveyor Akreditasi yang datang terdiri dari Susilawati, SKM, M.Kes surveyor Usaha Kesehatan Masayarakat (UKM), Dr. Maya F. Hoesin, surveyor Usaha Kesehatan Perorangan (UKP) dan Drg. Frisdawati Amran Boer, surveyor Administrasi Manajemen (Admen).

Puskesmas Lubuk Alung dikunjungi surveyor akreditasi puskesmas untuk dilakukan penilaian akreditasi puskesmas dimana sebelumnya sudah dilakukan akreditasi tahun 2016. “Hal ini sesuai Permenkes No 46 Tahun 2015 bahwa puskesmas wajib dilakukan penilaian sekali 3 tahun,” lanjut Yutiardi.

Saat penilaian, sambung Yutiardi lagi, Tim Surveyor meminta komitmen Kepala Puskesmas untuk tidak meninggalkan tempat selama kegiatan penilaian berlangsung. Hari pertama pembedahan dokumen sebanyak 756 elemen penilaian, hari kedua klarifikasi temuan dari hari pertama dimana temuannya menghasilkan apresiasi untuk Puskesmas Lubuk Alung atas kerjasamanya yang baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan menelusuri memastikan dokumen yang dibuat sudah diimplementasikan dan hari ketiga melakukan klarifikasi hari kedua.

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni bersyukur atas prestasi satu-satunya di Sumbar tersebut. “Ini suatu kebanggaan baru bagi Kabupaten Padang Pariaman khususnya Puskesmas Lubuk Alung. Bak kato urang Minang, pacah talua di Sumbar,” ujarnya.

Bupati Ali Mukhni berharap Puskesmas Lubuk Alung memotivasi dan mendorong puskesmas-puskesmas lainnya untuk meraih status akreditasi Paripurna. Memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan agar 24 unit Puskesmas lainnya mengkunjungi Puskesmas Lubuk Alung.

“Kita berharap puskesmas lainnya untuk melakukan kaji tiru ke Puskesmas Lubuk Alung. Dengan tujuan dapat meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan bermutu kepada masyarakat,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top