Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Meski Pandemi Covid-19, Hasil Padi Petani di Tanah Datar Justru Meningkat

Dibaca : 496

Tanah Datar, Prokabar – Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar mencatat, hasil produksi pertanian di tahun 2020 meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berdasarkan catatan Dinas setempat, dibandingkan tahun 2019, Produksi padi di Tanah Datar berkisar diangka 322.682 ton, namun, ditahun 2020 hasil padi diprediksi akan mencapai 333.077 ton.

Meningkatnya hasil pertanian padi menurut Yendri Agusta, Kasi Produksi Pertanian Dinas Pertanian Tanah Datar, pandemi Covid 19 yang tengah melanda turut menjadi penentu. Selain itu faktor cuaca yang relatif bersahabat juga mendukung hasil pertanian para petani.

“Disaat pandemi ini, kegiatan atau aktifitas kan dibatasi, jadi para petani kita lebih fokus untuk bercocok tanam, ini berpengaruh terhadap hasil produksi pertanian. Begitu juga dengan cuaca. Cuaca yang relatif seimbang, panas dan hujan, tidak membuat petani mengeluh akan kekurangan air, bahkan petani kita ada yang bercocok tanam 3 kali dalam setahun,” ujarnya.

Ia menambahkan, serangan hama yang tidak terlalu berpengaruh nyata terhadap hasil produksi pertanian, juga turut menjadi faktor peningkatan hasil pertanian padi.

“Serangan hama pada tahun ini bisa dikatakan berkurang,” lanjutnya.

Meski hasil produksi pertanian pada tahun 2020 dinyatakan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, Dinas Pertanian Tanah Datar tidak memungkiri masih terdapat beberapa faktor lain sebagai penghambat peningkatan hasil pertanian di Tanah Datar.

“Irigasi yang belum memadai, dan sumber air yg tidak mencukupi itu menjadi masalah petani kita. Meski demikian, kita akan tetap berusaha semaksimal mungkin, secara bertahap kita akan perbaiki,” ucapnya.

Sampai saat ini masih tercatat di Dinas Pertanian setmepat jika Kecamatan Sungai Tarab, Lintau Buo, Lintau Buo Utara, dan Tanjung Emas serta Batipuh masih menjadi kecamatan dengan hasil produksi pertanian tinggi di Luhak Nan Tuo.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top