Daerah

Harimau Mangsa Seekor Kerbau di Cubadak Lilin Matur

Dibaca : 498

Agam, Prokabar — Seekor kerbau ternak warga Cubadak Lilin, Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam dimangsa Harimau Sumatera, Senin sore (8/3). Mendapat informasi tersebut Tim BKSDA Resor Agam langsung melakukan penusuran.

“Kejadian didapat berdasarkan informasi masyarakat sore kemaren. Menanggapi itu, kita pagi ini ke lokasi. Melihat dan mengidentifikasi kejadian tersebut,” ungkap Kepala Resor BKSDA Agam, Ade Putra kepada Prokabar.com, (9/3).

Berdasarkan hasil identifikasi Tim BKSDA, terdapat lebih dari sepuluh tapak jejak Harimau Sumatera. “Lebar tapak jejak satwa dilindungi itu rata-rata sebelas centimeter,” jelasnya.

Berdasarkan hasil identifikasi, jejak satwa itu beriringan dengan jejak Babi Hutan. “Sepertinya Harimau ini sedang mengejar Babi Hutan. Saat dalam pencarian, satwa itu kebetulan bertemu ternak warga. Mendapati itu, satu ekor induk dari dua puluh ekor ternak diterkam dan dimangsanya,” tutur Ade.

Sementara itu, Kepala Jorong Cubadak Lilin, Taufik menambahkan daerah bernama Sawah Liek Aia Rangek itu memang sudah rutin menjadi lokasi ternak kerbau mencari makan. Warga biasa meletakan ternaknya di sana hingga mencapai 15 hari di sana. Kondisi itu menjadi rawan diintai hewan buas atau pencurian.

“Kita bersama warga lainnya sudah sering melarang pemilik ternak untuk tidak membiarkan hewan ternanknya berkeliaran, bahkan berhari-hari di sana. Namun belum mengindahkan himbauan atau peringatan itu,” jelas Kepala Jorong, Taufik.

Dari kejadian itu, Kepala Jorong kembali menegaskan kepada masyarakat untuk tidak lagi membiarkan ternaknya berkeliaran bebas. “Kami akan meminta dan menegaskan agar warga mengkandangkan hewan ternaknya. Agar tidak kembali terjadi pada hal serupa,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top