Bola

Harimau Malaya Terkam Indonesia di Kandang

Padang, Prokabar — Sempat tertinggal 1-2 di babak pertama. Tim Harimau Malaya (julukan Malaysia) berhasil membalikkan keadaan dan mempermalukan tuan rumah Indonesia 2-3, di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (5/9).

Pada laga perdana yang dipenuhi kurang lebih 66 ribu pasang mata ini, Indonesia unggul terlebih dahulu setelah Alberto Goncalves menerima umpan terobosan Saddil Ramdani yang melakukan cut inside dari sisi kiri pertahanan Malaysia. Striker 38 tahun ini berhasil menjebol gawang malaysia setelah tendangan menyusur tanahnya berhasil lewat diantara kedua kaki kiper.

Gol di menit ke 12 ini menyentak tim tamu. Anak asuh Tan Cheng Hoe ini berhasil menyamakan kedudukan, setelah Mohamadou Sumareh berhasil menyelesaikan umpan terobosan ke sisi kanan pertahanan Indonesia. Sontekan pelan pemain berdarah gambia ini, menyusur mulus ke sudut kiri tiang jauh kiper.

Tersentak, anak-anak Garuda langsung meningkatkan tempo permainan menjadi lebih agresif. Alhasil, melalui Andik Vermansyah yang menyisir kiri lapangan berhasil mengelabui pengawalnya, sebelum mengirim umpan ke Beto Goncalves, tepat enam menit jelang turun minum babak pertama. Skor pun berubah 2-1 untuk Indonesia.

Di babak kedua, Malaysia menggebrak dengan terus melakukan pressing ketat pada seluruh sisi lapangan. Ini membuat Andik Vermansyah dan kawan-kawan kesulitan mengembangkan permainan. Kurangnya dukungan dari tiga pemain tengah baik Evan Dimas, Stefano Lilipaly dan juga Rizki Pelu yang menggantikan Zulfiandi turut membuat Andik kesulitan dalam menyuplai Solo Striker Beto Goncalves.

Dua puluh satu menit usai saling serang, Malaysia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke 66. Berawal dari sapuan pemain Indonesia dalam sebuah kemelut. Muhammad syafiq berhasil menyundul bola masuk hasil umpan silang dari sisi kiri sisi pertahanan Indonesia. Skor pun berubah 2-2.

Pertandingan sempat terhenti selama kurang lebih delapan menit karena faktor di luar lapangan. Dimana pada saat yang sama, bek kiri Ricky Fajrin harus digantikan Ruben Sanadi. Ricky sebelumnya berhasil melakukan penyelamat gemilang, dengan memblok upaya pemain malaysia yang sudah berada dalam situasi one on one dengan kiper Indonesia Andritany. Meski upayanya berhasil, Ricky harus menjalani perawatan pada engkelnya selama beberapa lama.

Usai terus menggempur lini pertahanan Indonesia, Malaysia akhirnya berhasil menutup laga dengan kemenangan, setelah sebuah umpan silang menyusur tanah di kiri pertahanan Indonesia berhasil dilesakkan dengan mudah ke gawang yang sudah kosong oleh Mohamadou Sumareh.

Striker naturalisasi berpostur besar tersebut berhasil menjebol gawang Indonesia meski dikawal ketat oleh Yustinus Pae. Skor 2-3 bertahan hingga pluit akhir dibunyikan wasit.

Jurnalis olahraga senior Yusuf Kurniawan menyebut lini tengah harus menjadi perhatian utama Simon McMenemy jelang pertandingan berikutnya. Trio Lilipaly, Evan Dimas dan Zulfiandi, atau pun penggantinya Rizki Pellu terlihat kelelahan dan tak mampu mengimbangi lini tengah Malaysia. Ketatnya jadwal kompetisi ditengarai jadi penyebab. Sehingga pada pertandingan berikutnya, perlu pemain yang benar benar segar, namun juga dapat cepat bekerjasama dengan tim.

Sementara bagi tim tamu, kemenangan ini membuat harimau malaya memimpin klasemen Grup G zona asia Pra Piala Dunia 2022 dengan poin 3. Vietnam dan Thailand berada di posisi kedua dan ketiga, setelah bermain imbang tanpa gol di kandang thailand. Keduanya memperoleh poin satu. selanjutnya Indonesia akan menjamu Thailand di stadion GBK selasa 10 september mendatang. (adh)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top