Opini

Hari ke-11 Pencalonan, KPU Tanah Datar Sepi

Oleh : Fitri Yenti

Komisioner KPU Tanah Datar
Kemaren Sabtu, 14 Juli 2018 hari ke-11 pendaftaran pengajuan bakal calon legislatif pemilu 2019. Namun belum satupun partai politik yang mendaftar ke KPU Kabupaten Tanah Datar.

Sesuai PKPU no. 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan PKPU no. 7.Th 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019. Dimana pendaftaran bakal calon sudah dimulai sejak tanggal 4 juli dan berakhir tanggal 17 Juli 2018 ini. Jadwal pendaftaran dibuka sejak pukul 08.00 wib sampai pukul 14.00 wib hingga tanggal 16 juli. Khusus tanggal 17 Juli 2018 jadwal pendaftaran dibuka hingga pukul 00 wib.

Karena ini sudah tanggal 15, yang merupakan hari ke -12 pendaftaran artinya, hanya tinggal menghitung hari waktu pendaftaran akan segera berakhir. KPU mulai dagdigdug menunggu kedatangan peserta pemilu. Berbagai kendala dihadapi partai politik di lapangan. Persoalan input data ke Silon (sitem informasi Pencalonan) yang belum tuntas. Hingga soal administrasi lainnya.

Ada kecemasan, partai politik tidak bisa mendaftar. Hingga sore kemaren ada calon yang menghubungi saya, yang masih ragu dan bertanya soal persyaratan. Mulai dari ijazah apa yang mesti dimasukkan, surat keterangan kesehatan yang belum didapatkan hingga bahkan ada calon yang belum sempat mengurus SKCK di kepolisian.

Sebagai penyelenggara, KPU Kabupaten Tanah Datar berusaha untuk maksimal membangun komunikasi dengan peserta pemilu. Menghubungi LO masing-masing partai menanyakan kesiapan dan jadwal mendaftar.

Sosialilsasi PKPU No. 20 Th 2018 tentang pencalonanpun sudah dilakukan beberapa kali, ke peserta pemilu dan stake holder. Lembaga-lembaga terkait yang berkewenangan mengeluarkan SK pemberhentian untuk bakal calon yang harus mundur dari jabatannya sekarang.Ini sebagai salah satu syarat menjadi bakal calon anggota legislatif. Persoalan ini juga sudah dikomuikasikan agar dinas-dinas terkait mempermudah proses bagi bakal calon sesuai regulasi masing-masing lembaga.

Hingga kemaren Sabtu, sudah ada sebenarnya partai politik yang merencanakan akan hadir di KPU untuk mendaftar, tapi kembali batal.

Di hari ke-12 ini kita berharap partai politik datang ke KPU mengajukan nama-nama calon anggota DPRD yang diusung untuk pemilu 2019. Kita tidak menginginkan partai politik terlambat dan tidak bisa mengajukan bahan sesuai jadwal tahapan yang sudah ditetapkan.

Melihat pada pola lama peserta pemilu, mendaftar dimenit-menit terakhir sepertinya akan kembali terulang. Meskipun KPU Kabupaten Tanah Datar sudah siap untuk itu, tim KPU sudah siap bekerja penuh waktu melayani peserta pemilu. Namun tentu saja kita tidak berharap begitu, karena yang rugi adalah parpol sendiri jika tak bisa mendaftar tepat waktu.

Karena itu mari semua kita dorong partai politik segera mengajukan bakal calon legislatifnya ke KPU. Demi berjalannya demokrasi di republik ini.

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top