Daerah

Hari Bumi, Kaum Ibu dan Bundo Kanduang Sumbar Tanam Ribuan Pohon di Lubuk Sikaping

Pasaman, Prokabar — Ribuan bibit pohon dan buah tertanam sudah di bumi Pasaman Saiyo saat memperingati Hari Bumi, Senin (2/12).

Ribuan bibit pohon ini ditanam oleh tangan-tangan dingin bundo kanduang dan kaum ibu di Ranah Minang. Mereka tergabung dalam TP PKK dan organisasi wanita se Provinsi Sumatra Barat hingga tingkat nagari.

“Alhamdulillah, acaranya lancar,” kata Bupati Pasaman, Yusuf Lubis.

Di balik itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai PKS, Nevi Zuairina menyebutkan, berbicara bumi, saat ini sampah plastik merupakan musuh nyata yang dapat merusak lingkungan jika tidak dikelola dengan baik.

“Makanya tema Hari Bumi kali ini secara Nasional yaitu bersihkan bumi dari sampah plastik. Tema tersebut diangkat berdasarkan bahwa saat ini bumi sedang menghadapi masalah lingkungan yang serius. Dimana terdapat beberapa masalah lingkungan yang mengkhawatirkan seperti tumpukan sampah plastik memicu bencana banjir dan munculnya berbagai macam penyakit dimasyarakat,”kata Nevi Zuairina di acara peringatan Hari Bumi dan gerakan perempuan menanam tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019 yang dipusatkan di Taman Hutan Kota Lubuk Sikaping.

Tidak itu saja, Nevi Zuairina mengatakan persoalan Bumi saat ini juga masalah perubahan iklim global, pengelolaan limbah, kelangkaan air, ledakan penduduk, menipisnya sumber daya alam, kepunahan hewan dan tumbuhan.

“Kerusakan habitat alam, peningkatan polusi dan kemiskinan. Sementara kegiatan kita diatas bumi ini sangat bergantung pada lingkungan. Hal itu disebabkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mempertahankan hidup berasal dari lingkungan. Maka dari itu, ayo jaga lingkungan alam. Kita jaga alam jaga kita,” tukas Nevi. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top