Daerah

Harga Pangan Di Padang Stabil, Stok Beras Aman Hingga Enam Bulan

Padang, Prokabar — Dinas Pangan Kota Padang memastikan harga pangan di Kota Padang masih stabil dalam tiga bulan terakhir. Harga pangan diyakini masih akan tetap stabil apabila tidak terjadi bencana yang dapat membuat masuknya pangan terhambat.

Kepala Dinas Pangan Kota Padang Syahrial Kamat mengatakan tiga bulan terakhir, dari sample kami di Pasar Raya. Nyaris hanya bawang putih yang mengalami peningkatan harga, memang naiknya cukup tinggi dari Rp20.000 di Bulan Februari sampai Rp45.000 pada April ini.

Sedangkan untuk bahan pokok seperti beras, katanya, masih stabil dan tidak ada kenaikan dalam tiga bulan terakhir. Sebab, stok beras di Kota Padang masih terbilang aman untuk 6 bulan ke depan.

“Saat ini stok kita di pemerintahan itu ada 6.000 ton beras yang dititipkan di Gedung Perum Bulog Divre Sumbar. Menjelang Ramadan ini akan kita tambah lagi,” katanya.

Selain itu, kata Syahrial, pihaknya akan terus memastikan keamanan pangan utama menjelang Bulan Ramadan ini. Kepastian keamanan pangan sebenarnya terus dilakukan pihaknya setiap bulan.

Pangan utama yang terus dilakukan pengecekan oleh Dinas Pangan adalah sayuran segar. Namun, dengan akan meningkatnya konsumsi di bulan Ramadan, keamanan pangan juga akan lebih ditingkatkan.

“Ada beberapa dinas dan badan yang bekerja sama dengan kami untuk memastikan keamanan pangan ini, seperti BPOM, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Dinas Kelautan dan Perikanan,” katanya. (Ip/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top