Daerah

Harga Daging Ayam dan Telur di Padang Meroket

Padang, Prokabar  — Harga daging ayam potong dan telur ayam di Kota Padang semakin tinggi. Dalam waktu sepekan, harga terus meroket naik hingga mencapai 30% dari harga minggu lalu.

Kenaikan harga tidak hanya berimbas kepada konsumen, tetapi juga dikeluhkan para pedagang. Lantaran mengakibatkan menurunnya omset penjualan.

Harga daging ayam selama sepekan terakhir di Pasar Raya Kota Padang, mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan dari Rp40.000 menjadi Rp48.000 per ekor. Hampir sama pula dengan harga telur yang sudah diatas Rp40.000 per 30 butir.

Pedagang daging ayam potong di kawasan Pasar Raya, Man, mengaku terpaksa menjual daging ayam potong di atas Rp40.000 kepada pembeli, karena pasokan barang yang susah didapat. Ia juga mengaku, omset penjualan turun hingga mencapai 65%.

“Sepi, biasanya setiap hari semuanya habis, tapi sekarang masih banyak yang belum terjual,” katanya, Jumat (7/12) di Padang.

Masih di Pasar Raya, pedagang lain, Rudi (28), turut menjual harga ayam di atas harga normal. Meski begitu, ia cukup senang karena harga ayam tersebut sudah terbilang turun jika dibanding tahun lalu.

“Namun sejak harga naik penjualan berkurang, kalau sekarang paling hanya 100 ekor saja per hari,” katanya.

Sementara itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumbar Dahnil Aswad menilai, pemerintah kurang sigap dalam mengendalikan harga telur dan ayam yang kini terus melambung di atas harga normal. “Keduanya merupakan sumber gizi utama bagi masyarakat golongan menengah ke bawah,” katanya.

Dahnil menyarankan, pemerintah melacak keterjangkauan kedua komoditas itu di tengah masyarakat. Kasus ini juga harus segera dijadikan sebagai bahan evaluasi. Jika hal ini terus dibiarkan, ia khawatir dampaknya akan melebar ke berbagai produk olahan lain.

“Telur dan ayam ini kan tidak hanya untuk konsumsi, tapi juga jadi bahan dasar produk olahan lain. Kenaikan harga ini otomatis bakal mempengaruhi produk-produk dan kegiatan usaha lain seperti pembuatan kue,” katanya. (hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top