Ekonomi

Harga Beras Lokal tak Terpengaruh Operasi Pasar Bulog

Padang, Prokabar – Harga beras di pasaran cenderung mengalami kenaikkan dalam beberapa waktu terakhir. Perum Bulog pun telah berupaya melakukan operasi pasar.

Namun operasi pasar yang dilakukan sejak enam hari yang lalu tak mempengaruhi harga beras lokal yang mencapai harga Rp15 ribu per kilogram sejak November 2018 lalu.

“Kalau untuk harga beras lokal yang dari Solok harganya tetap Rp24 ribu per gantang atau Rp15 ribu per kilogramnya,” ujar salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang, Ii (57).

Dia mengatakan bahwa untuk harga beras lokal yang didatangkan dari Solok memang tidak berpengaruh dengan operasi pasar yang dilakukan oleh Bulog.

“Untuk beras lokal ini harganya akan turun jika stok beras lokal itu yang memang banyak, jika dibandingkan dengan beras yang didatangkan dari luar, tetap tidak akan menurunkan harganya,” lanjutnya.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena keinginan masyarakat terhadap beras lokal lebih tinggi dibanding beras lainnya meskipun harganya lebih murah.

“Kalau yang saya perhatikan, masyarakat yang berbelanja di sini lebih mementingkan kualitas dibanding harga,” lanjutnya.

Dia menyebut, kualitas beras lokal dibanding beras yang didatangkan oleh Bulog jauh berbeda. “Perbedaannya pada rasa beras lokal ini lebih sesuai dengan selera masyarakat,” sambungnya.

Dia membandingkan, dirinya pernah menjual beras yang didatangkan oleh Bulog dan peminatnya sangat sedikit dibanding beras lokal.

“Perbandingannya diperkirakan 70 persen untuk peminat beras lokal dan 30 persen peminat untuk beras lainnya seperti yang didatangkan oleh Bulog,” lanjutnya.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top