Daerah

Hanya Empat di Indonesia, Salah Satu Nagari Penerima Penghargaan Dari Kemendes PDTT Ada di Pasaman

Dibaca : 180

Pasaman, Prokabar –  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Unicef, memberikan penghargaan kepada Nagari Taruang-Taruang, Kecamatan Rao. Nagari ini dianugerahi penghargaan desa peduli pendidikan dengan memanfaatkan data Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM).

Sebelumnya, Nagari Taruang-Taruang, merupakan salah satu binaan Pemkab Pasaman dalam program pemanfaatan SIPBM. Program ini dalam rangka monitoring dan penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) atau Anak Beresiko Putus Sekolah (ABPS).

Penghargaan ini diserahkan bersamaan dengan kegiatan peluncuran strategi Nasional penanganan ATS dan ABPS alinat pamdemi corona.

“SIPBM ATS dilaksanakan di 33 provinsi, 347 Kabupaten, dan 1.104 desa/Nagari. Dan Alhamdulillah, se-Indonesia akhirnya hanya ada empat desa atau nagari yang berhasil mendapatkan penghargaan, salah satunya Nagari Taruang-Taruang menjadi nagari mandiri, ” kata tenaga ahli program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat des, Fety Anggreini, Selasa (6/4).

Fety berharap capaian ini juga dapat menginspirasi magari-nagari lainnya di Kabupaten Pasaman.

Sementara, Walinagari Taruang-Taruang, Asparuddin mengatakan, bersyukur dan terima kasih atas dukungan semua pihak.

“Semoga program ini dapat terus berkelanjutan sehingga dapat mengentaskan dari kemiskinan dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Taruang-taruang, ” harapnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top