Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Hadapi Pilkada, Sentra Gakkumdu Pasaman Dibentuk

Dibaca : 190

Pasaman, Prokabar — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman membentuk sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu). Beranggotakan tim dari Polres Pasaman, Kejaksaan Negeri Pasaman dan Bawaslu Pasaman, tim sentra Gakkumdu ini bakal menangani bila ada laporan atau masalah seputar pemilihan Gubernur Sumbar dan wakilnya serta pemilihan Kepala Daerah Pasaman.

“Gakkumdu Pasaman adalah pusat aktivitas penegakkan hukum tindak pidana. Dipastikan, bila ada masalah yang mengarah ke jalur hukum, di sinilah pusat prosesnya,” kata Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita.

“Sentra Gakkumdu Pasaman ini berwenang melakukan penindakan tindak pidana pemilihan kepala daerah 2020, mulai dari penerimaan laporan, penyelidikan, penyidikan dan penuntutan secara satu atap di sekretariat sentra Gakkumdu di Kantor Bawaslu Kabupaten Pasaman,” lanjut Rini.

Sementara itu, Kajari Pasaman Adhriyansah mengatakan, sebagai dari bagian Gakkundu, ia meyambut dengan positif apa yang sudah dilakukan Bawaslu Kabupaten Pasaman dengan membentuk pokja tim sentra Gakkumdu.

“Harapan saya apa yang sudah menjadi integritas, mudah-mudahan dengan kesepahaman bersama, adanya soliditas kita semua,” kata Adhriyansah.

Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya melanjutlan, dalam peraturan bersama nomor 14 tahun 2016, nomor 1 tahun 2016 dan nomor 10/JA/11 tahun 2016 tentang Gakkumdu, Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan sudah masuk dalam ikatan bersama.

“Dari awal kita sudah merencanakan langkah-langkah untuk mengambil tindakan-tindakan apa yang harus dipersiapkan. Kita tidak hanya berpedoman pada aturan yang ada, kita juga belajar pada evaluasi kejadian-kejadian yang terjadi pada tahun yang lalu, terutama masalah dugaan pidana Pemilu” kata AKBP Hendri

Ia menjelaskan, terbentuknya sentra Gakkumdu adalah untuk menyatukan kewenangan yang dimiliki oleh masing-masing instansi, baik Bawaslu, kepolisian maupun kejaksaan dalam penanganan pelanggaran tindak pidana pemilihan kepala daerah itu sendiri.

Struktur Gakkumdu Kabupaten Pasaman itu sendiri terdiri atas penasehat, yakni Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Kapolres Kabupaten Pasaman dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasaman. Kemudian pembina Gakkumdu Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Pasaman, Kasat Reskrim Polres Pasaman dan Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kajari Kabupaten Pasaman. Serta Koordinator Gakkumdu Kabupaten Pasaman, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Pasaman sebagai ketua Koordinator Gakkumdu, Kasat Reskrim Polres Pasaman, dan Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kajari Kabupaten Pasaman. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top