Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Hadapi Pilkada 2020, Ini yang Dilakukan Darma-Tani Jelang Mendaftar ke KPU

Dibaca : 308

Tanah Datar, Porkabar – Sehabis ashar pada Minggu (6/9) Darma-Tani akan mendaftar ke KPU Tanah Datar. Dalam agendanya, sebelum mendaftar pasangan yang diusung oleh Partai Golkar dan PKS itu akan terlebih dahulu melakukan salat berjamaah di masjid Al Amin Pagaruyung.

“Nanti kita salat Ashar dulu di masjid Pagaruyung. Pak Sultani langsung jadi imamnya. mengapa di Pagaruyung? Karena disanalah pusat pemerintahan Kabupaten Tanah Datar,” kata Anton Yondra, Sekretaris Golkar Tanah Datar

Sebelum mendaftar ke KPU, bakal pasangan kepala daerah, Darma-Tani telah lebih dahulu melakukan berbagai kegiatan, seperti meminta restu ke alim ulama, ninik mamak serta bundo kanduang Lintau 9 Koto. Mengacu pada filosofi pegangan hidup masyarakat Minangkabau, kegiatan tersebut-pun dipusatkan di bukik Marapalam.

“Tadi kami awali kegiatan di Lintau Buo Utara tepatnya di Bukik Marapalam dan tigo jangko. Di Bukik Marapalam, dulunya dilangsungkan Sumpah Sati Bukik Marapalam. Tempat dicetuskanya adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah dan menjadi pegangan kita masyarakat Minangkabau sampai saat ini. Eloknya, kita awali langkah kita seluruhnya dari lintau dan Pariangan, berdoa, dan meminta restu kepada ninik mamak, alim ulama,” timpal Zuldafri Darma.

Secara historis pula, masyarakat Minangkabau yang turun dari Gunung Marapi, pasangan Darma-Tani dalam agendanya juga akan dilepas oleh ninik mamak Tanah Datar pada Minggu (6/9). Pelepasan oleh pemangku adat itu, rencananya bakal dihelat di Balai Panjang Pariangan.

“Kita mengundang dan mengajak ninik mamak untuk melepas Darma-Tani sebelum mendaftar ke KPU Tanah Datar. yang hadir, itu seperti ninik mamak tarantang sayang, tabuah larangan. Besok juga dihadiri oleh partai pendukung, dan relawan. karena saat ini pandemi Covid 19, kita patuh juga dengan protokol kesehatan, jadi tidak semuanya bisa hadir. Besar harapan kita, semua perjuangan Darma-Tani diridhoi Allah SWT. demi mencapai cita cita kami untuk tanah datar unggul,” katanya lagi.

Sementara, dalam menghadapi pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar 2020, pasangan Darma-Tani mengaku lebih optimis memenangkan perebutan kursi BA 1 E. Terlebih, keduanya sangat memahami Tanah Datar lebih dalam dan mengetahui kebutuhan masyarakatnya.

“Jika paslon lain optimis, maka kami lebih optimis untuk menang, karena kami lebih mengerti masyarakat tanah datar dan keinginanya. Golkar lebih siap dalam menghadapi pilkada dalam menciptakan Tanah Datar unggul,” ujar Dedi Irawan Ketua Fraksi Golkar di DPRD Tanah Datar.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top