Daerah

Hadapi Pemilu, Gubernur Ajak Masyarakat Sumbar Jaga Pesaudaraan

Padang, Prokabar – Dalam menghadapi tahapan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 mendatang, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengajak masyarakat untuk selalu menjaga rasa persaudaraan dan persatuan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar mengutamakan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat walaupun berbeda pilihan,” kata Irwan Prayitno usai upacara Perayaan HUT RI ke-73 dan Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Jumat (17/8).

Menurut dia sebagai warga negara yang baik masyarakat memiliki kewajiban untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu sebagai pesta demokrasi bangsa namun harus tetap mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan.

“Perbedaan tidak membuat kita terpecah tapi ibarat dinamika yang mewarnai kehidupan kita dalam demokrasi,” katanya.

Selain itu masyarakat Sumatera Barat telah beberapa kali melakukan pemilihan umum baik Pilkada serentak berkali-kali dan tidak terjadi apapun.

“Semoga dalam Pilpres dan Pileg tahun depan masyarakat Sumbar dapat menjaga kebersamaan dan menjaga Pemilu “Badunsanak” ini,” kata dia.

Terkait dengan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Irwan Prayitno mengajak masyarakat dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif. Apabila dahulu para pendahulu berjuang memperebutkan kemerdekaan dengan mengusir penjajah.

“Saat ini mari kita isi kemerdekaan dengan hal positif mulai dari ibu rumah tangga, birokrat, pedagang, dosen, anggota dewan agar dapat mengembangkan segala potensi yang mereka miliki untuk mengisi kemerdekaan ini,” ujarnya.

Upacara Peringatan HUT RI ke-73 dan Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Kantor Gubernur Sumatera Barat dipimpin oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim membacakan naskah proklamasi kemudian ditutup dengan doa yang dibacakan Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri.

Upacara tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Ketua DPRD Sumbar dan seluruh jajaran Forkopimda Sumbar mulai dari Kajati Sumbar, Kapolda Sumbar, Danrem 032 Wirabraja, Danlantamal, Danlanud Sutan Sjahrir dan lainnya.

Upacara dimulai dengan membunyikan sirine detik proklamasi, pembacaan naskah proklamasi, doa dan prosesi pengibaran bendera merah putih. (*/mbb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top