Daerah

Gubernur Sumbar Berkomitmen Perbaiki Kualitas Lingkungan Hidup

Jakarta, Prokabar — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyatakan komitmennya untuk senantiasa memperbaiki kualitas lingkungan hidup di Sumatera Barat.

Dikatakannya bahwa berbagai isu terkait kelestarian lingkungan telah dan terus diupayakan untuk memberikan solusi terbaik, dengan mempertimbangkan segala aspek dan melibatkan sejumlah stakeholder terkait.

“Dalam konteks lingkungan hidup dan kehutanan terdapat empat isu strategis yang menjadi concern Pemprov Sumbar, antara lain pencemaran air, pengelolaan sampah, alih fungsi lahan dan isu terkait kebencanaan,” jelas Irwan, dalam presentasinya di hadapan panelis penilaian awal pada Anugerah Nirwasita Tantra bagi sejumlah kepala daerah Tahun 2019, t di Ballroom Rimbawan I Gedung Mangga Wanabhakti, Jakarta, Senin (12/8) kemarin.

Gubernur Irwan, yang pada kesempatan itu didampingi Wakil Ketua DPRD, Arkadius Dt. Intan Bano menyampaikan optimismenya bahwa Provinsi Sumatera Barat kembali akan meraih Anugerah Nirwasita Tantra, dimana dalam beberapa tahun terakhir Sumbar selalu menjadi langganan peraih Anugerah Nirwasita Tantra.

Sumatera Barat meraih nominasi penghargaan bersama lima provinsi lainnya, yaitu Sumatera Utara, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono pada sambutannya dalam acara yang mengusung tema “Dengan Green Leadership, Kita Tingkatkan SDM yang Unggul Untuk Pengelolaan Lingkungan Hidup Indonesia Maju”, mengatakan bahwa Tahun 2019 merupakan tahun keempat pemberian penghargaan Nirwasita Tantra kepada kepala daerah.

“Kami berharap penghargaan ini dapat memotivasi setiap daerah untuk terus meningkatkan kualitas hidup dan peningkatan kesejahteraan di daerah,” ujarnya.

Penilaian dimulai dengan mendengarkan paparan terhadap Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) dari sejumlah kepala daerah peraih nominasi, antara lain Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan. (rel/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top