Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Golput Melebihi Suara Siapapun di Pilgub Sumbar

Dibaca : 804

Padang, Prokabar – KPU Sumbar sudah tuntas menghitung suara. Hasilnya seperti yang sudah diprediksi, suara tertinggi diperoleh Mahyeldi – Audy dengan 32,43 persen. Tapi apakah dia pemenang?

Ternyata yang menang adalah golput alias orang yang tidak memilih dengan persentase 38,32 persen. Partisipasi pemilih di Pigub 2020 ini adalah 61,68 persen. Dibandingkan tahun 2015 angka ini naik, pilgub lalu jumlah orang datang ke TPS adalah 58,65 persen.

Tingkat kedatangan orang memilih ke tps diluar prediksi. Sebelumnya banyak pengamat menyebut tingkat partisipasi akan menurun karena covid 19.

“Ini memang diluar prediksi, kenaikan ini disebabkan karena empat pasang calon gubernur serta paslon bupati walikota intensif melakukan kampanye tatap muka sehingga minat masyarakat memilih naik,” jelas pengamat politik IAIN Bukittinggi Hardi Putra Wirman kepada prokabar.com, Minggu (20/12/2020).

“Hal lain karena paslon yang bertarung adalah orang orang yang berpengaruh dan memiliki basis massa di daerah mereka masing – masing,” jelas doktor bidang Ilmu Politik ini.

Dari hasil rekapitulasi suara pasangan Mahyeldi Audy mendapatkan 32,43 persen suara, disusul pasangan Nasrul Abit Indra Catri 30,30 persen. Posisi ketiga Mulyadi Ali Mukhni dengan perolehan 27,42 persen dan pasangan Fakhrizal Genius 9,86 persen.

Dari hasil tersebut hampir dipastikan Mahyeldi dan Audy akan menjabat sebagi gubernur dan wagub sumbar selanjutnya. (laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top