Daerah

Genjot Investor di Bidang Perkebunan, Ini yang Dilakukan Distanhorbun Pessel

Pessel, Prokabar – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), akan memutakhirkan luas lahan kebun kepala sawit dalam menggenjot investor untuk berinvestasi di daerah itu.

Kepala Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distanhorbun), Nuzirwan mengatakan, langkah ini adalah salah satu untuk memastikan banyak produksi kepala sawit setiap panen, karena untuk meyakinkan investor pihaknya butuh kepastian banyak bahan baku yang tersedia.

“Karena ketersedian bahan baku, adalah salah satu langkah untuk meyakinkan. Karena tanpa bahan baku yang cukup, tentu sulit untuk berinvestasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dari data tahun ke tahun, luas kebun kepala sawit terdata seluas 134 ribu hektare di daerah itu. Namun, jumlah itu belum bisa dipastikan, karena masih perlu dimutakhirkan.

“Luas 134 ribu hektare itu, data tahun 2017, dan data kita (Distanhorbun) juga terdapat perbedaan. Makanya, perlu kita lakukan lagi pendataan ulang secara pasti,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dari 134 ribu hektare yang terdata saat ini, seluas 73 ribu hektare merupakan lahan petani, dan 80 ribu hektarenya di kelola perusahaan.

“Kesulitan kami, itu memastikan luas 80 ribu hektar ini karena sejauh ini belum ada kejelasan dari perusahaan yang ada,” ujarnya lagi.

Lanjutnya Mantan Kabis Perhubungan itu mengatakan, untuk memastikan luas lahan sawit di daerah ini, pihaknya membutuhkan waktu untuk berkonsiliasi. Sebab, untuk memutakhirkan data tersebut, pihaknya butuh kerjasama semua pihak untuk menyamakan data.

“Petani, dan begitu juga untuk pihak pengelola seperti perusahaan. Karena kita butuh satu pandangan untuk ini,” tutupnya.(min)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top