Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Gempa Mentawai Juga Dirasakan Masyarakat Di Maninjau

Dibaca : 475

Maninjau, Prokabar — Gempa Bumi yang terjadi dua kali berturut Sabtu Petang (2/1) juga dirasakan langsung masyarakat Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Meski tidak terlalu kuat, setidaknya goncangan tersebut sempat membuat masyarakat terkejut dan Isti’far.

Yulius (69) warga Jorong Bancah, Nagari Maninjau mengutarakan gempa terjadi dua kali. Kejadian pertama setelah sholat Ashar. Sedangkan kejadian kedua, terasa menjelang sholat Magrib. “Kejadian ini membuat kita untuk semakin waspada. Selalu siaga menghadapi bencana alam ini. Meski tidak ada kerusakan atau dampak buruk lainnya, gempa bumi yang baru saja terjadi penting jadi peringatan bagi kita semua,” ujarnya.

Ia melanjutkan selain siaga, menghadapi bencana yang selalu datang secara tiba-tiba, penting sekali meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, agar kita tawakal kepada Alla SWT. “Segala musibah merupakan kekuasan Allah SWT. Untuk itu, tidak ada seorang pun manusia yang mengetahui kapan dan dimana musibah itu terjadi. Manusia hanya bisa memperkira-kira saja,” terangnya lagi.

Sementara itu, Siti Maimunah (40) seorang pedagang setempat juga mengatakan sangat kaget adanya goyangan atau gempa bumi tersebut. “Semakin duduk, goncangan semakin terasa kuat. Makanya saya keluar warung dan mencari tempat aman,” Ungkap Siti.

Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi dengan kekuatan 5,3 SR. Kejadian pada pukul 16:03:10, Sabtu (2/2) dengan pusat magnitudo di 106 KM Tenggara Mentawai. Gempa dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Sedangkan kejadian kedua, Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 6,0 SR pada pukul 17:59:28 WIB waktu yang sama. Sabtu (2/2) dengan pusat magnitudo di 18 KM Tenggara Mentawai. Gempa dinyatakan tidak berpotensi tsunami. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top