Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Gempa M4.2 Guncang Pasaman dan Pasbar

Dibaca : 508

Padang, Prokabar — Gempabumi tektonik berkekuatan maginitudo 4.2 melanda Pasaman dan Pasaman Barat, Jumat (8/5) pukul 21.34 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,2. Episenter terletak pada koordinat 0,34 LU dan 99,85 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 km BaratLaut Talu-Pasaman Barat, pada kedalaman 5 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kerak dangkal akibat aktivitas sesar Sumatera segmen Angkola

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Pasaman dan Pasaman Barat III-IV MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 23.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang

Irwan Slamet mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.” ungkapnya lewat siaran pers. (rel)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top