Daerah

Gempa Bumi Padang Panjang Akibat Aktivitas Sesar Sumatera

Padang, Prokabar — Sebagian masyarakat Padang Panjang merasakan adanya guncangan gempabumi yang mengguncang daerah itu pada Rabu (28/3), sekitar pukul 21:37:41 WIB.

Dari hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang diperoleh parameter gempabumi dengan kekuatan Magnitudo 2.9 Pusat gempabumi ini berada di darat pada koordinat 0.39 Lintang Selatan dan 100.42 Bujur Timur, sekitar 8 KM Timur Laut Padang Panjang-SUMBAR, pada kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan laporan dari masyarakan goncangan tersebut dirasakan Dirasakan di Padang Panjang dan Tanah Datar I – II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar sumatera segmen sianok. 

Hingga saat ini  hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.  

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” sebut Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang Irwan Slamet. (gas)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top