Daerah

Gempa 5,7 SR Berjarak 179 Km dari Padang


Gempa ini tak memicu tsunami. BMKG merilis: Ini gempa tektonik

Dibaca : 119

Padang, Prokabar – Gempa kuat 5 7 SR di Tua Pejat, Senin (3/5) berjarak 179 Km dari Padang.

Gempa ini tak memicu tsunami. BMKG merilis: Ini gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,40 LS dan 99,58 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km arah Selatan Kota Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 34 km.

*Jenis dan Mekanisme Gempabumi:*
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik ( _thrust fault_ ).

*Dampak Gempabumi:*
Guncangan gempabumi ini dirasakan di Tua Pejat IV MMI ( *Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah* ), Padang II-III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ), Bukittinggi, Indragiri Hilir, Pariaman, Payakumbuh, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, dan Solok Selatan, Sungai Penuh II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.
Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Gempabumi Susulan:
Hingga hari Senin, 03 Mei 2021 pukul 01.25 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. (nrs)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top