Bola

Gandeng FOSSBI, Kemenpora Gelar Liga U-12 se-Sumbar

Pasaman, Prokabar — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggandeng Forum Sekolah Sepak Bola Seluruh Indonesia (FOSSBI) Sumatera Barat. Kerjasama ini dalam menggelar liga sepak bola berjenjang, sebagai bagian dari pembinaan dan peningkatan prestasi sepak bola Nasional. Kompetisi ini mempertandingkan kelompok umur U-12.

Untuk pesertanya, berasal dari sekolah sepakbola (SSB) dari seluruh Kabupaten Kota di Sumbar. Kick off digelar di Stadion Tuanku Imam Bonjol, Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, selama dua hari yakni Sabtu hingga Minggu (7/7).

Ketua FOSSBI Sumbar, Raymon Andesta menyampaikan, liga sepak bola berjenjang tahun 2019 tingkat Provinsi Sumbar ini, penyelenggaraannya berpusat di Pasaman.

“Kemenpora bersama FOSSBI akan terus berkomitmen untuk menyelenggarakan kompetisi sepak bola bagi semua kelompok umur. Untuk Tahun 2019 ini, Piala Menpora U12 resmi digelar di Pasaman, tepatnya di Stadion Imam Bonjol, Lubuk Sikaping. Pesertanya berjumlah 40 tim, yang berasal dari 18 Kabupaten/Kota se-Sumbar, hanya Mentawai yang tidak mengirimkan tim SSBnya,” kata Raymon Andesta.

Raymon juga menghimbau kepada semua team kabupaten/kota untuk mendokumentasikan video dan foto kemudian dishare ke sosial media.
Hal tersebut bertujuan untuk memberikan informasi secara luas perihal Liga Berjenjang Piala Menpora U-12.

“FOSSBI adalah organisasi yang peduli dan bergerak di ranah pembinaan sepak bola usia dini. Meski, baru dideklarasikan 27 Mei 2016 di Kota Batu, Jawa Timur namun eksistensi FOSSBI sudah diakui banyak kalangan. Melihat ini, Kemenpora tak salah menunjuk FOSSBI sebagai penyelenggara Haornas U-12,” kata Raymon.

Lebih lanjut Raymon Andesta menuturkan, kepercayaan Kemenpora ini diakuinya menjadi motivasi dan pembangkit semangat pihaknya untuk lebih bekerja keras lagi dalam membangun pembinaan sepak bola usia dini di kemudian harinya.

Raymon juga menjelaskan, turnamen yang digelarnya ini akan bermuara pada puncaknya, Piala Menpora U-12 akan dilaksanakan di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, 11 – 16 September mendatang

“Sementara Pemenang Piala Menpora U-12 Nasional akan mewakili Indonesia mengikuti kejuaraa Internasional Singacup 2019 di Singapura, pada tanggal 2 – 7 November mendatang,” imbuh Raymon.

Sedangkan U-14 akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Lalu, U-16 akan dilaksanakan di Banten. Kemudian, Liga Mahasiswa U-21 akan dilangsungkan di Yogyakarta, dan untuk Liga Sepak Bola Putri U-17 akan digelar di Bandung, Jawa Barat. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top