Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Galian C Ilegal di Muaro Surantih Kembali Beroperasi

Dibaca : 313

Pesisir Selatan, Prokabar – Aktivitas penambangan galian C ilegal di Muaro Surantih, Nagari Rawang Gunuang Malelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, kembali beroperasi.

“Memang galian c ini sempat berhenti setelah adanya sidak dari Pemerintah setempat,” ujar salah seorang warga setempat Busril (57) pada Prokabar.com Rabu (15/1).

Ia mengaku heran, setelah dilakukan sidak beberapa waktu lalu, ternyata pemilik tambang galian c masih berani melakukan beroperasi seperti sediakala.

Nasrul Abit Indra Catri

“Sempat berhenti, sekarang kembali beroperasi padahal izinnya belum ada,” ungkapnya.

Kembali beroperasi penambangan itu membuat dia dan warga sekitar bertanya apakah galian c tersebut sudah mempunyai izin atau tidak. Karena berdasar informasi yang didapat, memang belum mengantongi izin.

“Apabila belum berizin kami harap ada tindakan tegas dari Pemkab dan aparat, “harapnya. Jika tidak, maka aktivitas penambangan galian semakin meluas.

Lingkungan disini menjadi rusak. Parahnya lagi, dampak dari penambangan galian c itu air fasilitas umum seperti batu jeti mengalami penurunan dan Muaro menjadi pendangkalan.

“Kalau dibiarkan terus menerus warga semakin dihantui kecemasan dan Muaro mengalami pendangkalan sehingga kapal nelayan untuk keluar masuk menjadi kendala besar,” ujarnya.

Pemilik tambang galian c, Rizal mengaku tidak mengantongi izin sama sekali. “Kami belum punya izin, dan kami sudah mendatangi dinas ESDM Provinsi untuk mengurus izin, apakah sudah keluar kami pun belum tau, yang jelas kami tetap beraktivitas,” katanya.

Ia menambahkan, jika nanti ada gejolak dari masyarakat maka akan diselesaikan dengan cara yang baik. “Meskipun belum punya izin kami tetap beroperasi,” tutupnya.(min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top