Daerah

Galapuang Kembali Banjir, Batunanggai Longsor, Warga dan BPBD Agam Terus Siaga

Tanjung Raya, Prokabar — Curah hujan kembali memicu terjadinya longsor dan banjir di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Senin (2/12). Padahal sebelumnya, lokasi yang tidak terlalu jauh, juga sempat terjadi banjir bandang yang melanda pemukiman penduduk.

“Satu unit rumah milik Salman (66) terkena banjir tersebut. Kejadian berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB dengan ketinggian air 15 centimeter,” ungkap Kalak BPBD Agam, Muhammad Lutfi melalui kabid KL, Syafrizal dan jajaran kepada Prokabar.com, Senin malam (2/12).

Saat ini, Tim Siaga Bencana BPBD agam telah berupaya melakukan penanganan bersama Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, Pemerintah Nagari dan Dinas PUTR. “Kita sudah melakukan penanganan sementara berupa pembuatan banda air dan penyedotan air dlm rumah. Dan air pun sudah mulai surut,” lanjutnya.

Sementara itu, tanah longsor juga terjadi di Durian Rampak, Jorong Batunanggai, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya. Kejadian sekitar pukul 17.30 WIB. “Hingga saat ini, hujan masih berlangsung. Kita tim gabungan dan masyarakat belum bisa berbuat karena pergerakan tanah masih labil. Dimungkinkan longsor susulan akan terjadi,” terang Lutfi.

Akibat dampak yang ditimbulkan material menutupi jalan sehingga jalan tidak bisa dilewati atau putus total.

“Dampak longsor di Batunanggai, satu keluarha diungsikan ke rumah tetangga. Yusrizal (40) bersama istri dan 1 orang anaknya harus mengamankan diri agar terhindar dari bahaya longsor,” pungkas Kalak BPBD Agam tersebut. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top