Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

FPM 2019 Disambut Meriah Masyarakat Tanah Datar

Dibaca : 347

Tanah Datar, Prokabar – Kabupaten Tanah Datar baralek gadang. Festival Pesona Minangkabau (FPM) 2019 kembali digelar pemerintah daerah hingga 8 Desember 2019 mendatang.

Pada kali ini, event akbar Luhak Nan Tuo ini juga memecahkan rekor MURI dengan 2.000 anak atau pelajar memainkam alat musik tradisional Minangkabau, yaitunya talempong pacik.

Selain itu, FPM 2019 kembali menampilkan arakan jamba yang diikuti oleh 75 nagari dari 14 kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Event ini juga menampilkan ragam budaya spesifik Minangkabau dan Melayu.

Beberapa lokasi akan menjadi pusat penyelenggaraan event tahunan kabupaten Tanah Datar itu, diantaranya Istano Basa Pagaruyung, Lapangan Cindua Mato, Hotel Emersia dan Gedung Maharajo Dirajo, Benteng Van Der Capellen.

Setidaknya 16 kegiatan menyemarakkan iven tahun ini, diantaranya pawai budaya, arakan jamba, makan bajamba, pemecahan rekor MURI, Pagaruyung Expo, pagelaran seni spesifik Minangkabau, pagelaran seni budaya Melayu, Festival Matrilenial, Pameran Foto Pesona Wisata dan Budaya Tanah Datar, Kampung Kopi, Dialog Budaya, Pacu Jawi, Pasar Van der Capellen, Tanah Datar Tourism Award, Pemilihan Media Tradisional serta ada hiburan artis Minang.

Selama penyelenggaraan FPM, di Istano Basa Pagaruyung siang sampai malam akan tampil secara bergantian pagelaran seni budaya Minangkabau dan Melayu oleh sanggar seni Tanah Datar dan peserta dari Riau, Bengkulu dan negara jiran Malaysia.

Di Gedung Nasional, akan dilaksanakan Festival Matrilinial dan Pameran Benda-benda pusaka yang didukung BPCB Sumbar, pemilihan media tradisional serta ada pameran foto pesona wisata dan budaya Tanah Datar.

Masyarakat juga akan suguhkan Pagaruyung Expo di Lapangan Cindua Mato sampai Hakim, kegiatan ini menampilkan pencapaian visi misi pembangunan pemerintah daerah dan informasi dari instansi lain. Selain itu ada kampung kopi, menyuguhkan kopi khas Tanah Datar yang nikmat.

Tahun ini juga ada pemberian Tanah Datar Tourism Award yang merupakan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk pelaku/penggiat pariwisata dalam rangka memajukan pariwisata Kabupaten Tanah Datar.

Penghargaan ini dilaksanakan bukan sebagai kompetisi untuk membandingkan antar destinasi/ daya tarik wisata, tetapi untuk memotivasi seluruh penggiat dan pelaku pariwisata agar dapat meningkatkan dan mengembangkan pariwisata berkelanjutan.

Adapun kategorinya yaitu Pelaku/ Penggiat Pariwisata, Penyelenggara Event Wisata, Wartawan Penulis Berita Pariwisata, Stand Pameran dan Peserta Arakan Jamba.

FPM semakin meriah dengan kehadiran dua iven pemenang Anugerah Pesona Indonesia. Pacu Jawi hari Sabtu 7 Desember di Sungai Tarab dan kehadiran pasar digital Van der Capellen di hari Minggu 8 Desember.

Penutupan FPM akan dilangsungkan hari Minggu malam di Lapangan Cindua Mato, dengan mendatangkan artis Minang Rayola dan Upiak Isil.

Festival Pesona Minangkabau, digelar dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya Minangkabau dan mempromosikan pesona wisata Tanah Datar dan Provinsi Sumatera Barat. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top