Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Bola

Final SEA Games 2019; Indonesia vs Vietnam, Saatnya Garuda Akhiri Puasa 28 Tahun

Dibaca : 205

MANILA, Prokabar – Timnas Indonesia U-23 menantang Vietnam U-23 pada final SEA Games 2019 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (10/12/201) malam. Laga ini sangat sarat makna bagi Indonesia. Jika menang, maka “puasa” medali emas SEA Games selama 28 tahun akan berakhir.

Ini merupakan laga ulangan fase Grup B. Kala itu, Garuda Muda dipaksa tumbang dengan skor tipis 1-2. Satu gol Sani Rizky dibalas torehan Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc.

Pelatih Indonesia Indra Sjafri meminta Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan belajar dari kekalahan tersebut. Penampilan maksimal patut diperagakan demi bisa membawa pulang medali emas SEA Games ke Tanah Air, yang terakhir diraih tahun 1991 yang juga digelar di Filipina.

Itu merupakan terakhir kalinya penggawa sepak bola Indonesia mendapat emas dari SEA Games setelah sebelumnya juara 1987 saat hajatan multievent tersebut digelar di rumah sendiri. Dua titel itu diraih saat sepak bola SEA Games masih memainkan Timnas Senior.

“Pertandingannya akan sangat seru dan ketat. Saya minta pemain fokus dan tidak membuat banyak kesalahan. Semua anggota tim sudah siap saat tampil melawan Vietnam” kata Indra di laman PSSI.

Sejarah mencatat, ini merupakan pertemuan pertama kedua tim di final SEA Games. Sebelumnya, Indonesia dan Vietnam saling mengalahkan di fase lain. Kekuatan tim terbilang seimbang karena sama-sama memetik lima kemenangan.

Sementara bagi Vietnam, kemenangan nanti akan membuat mereka meraih medali emas kedua sepanjang keikutsertaan di SEA Games. Tim berjuluk The Golden Star itu tercatat sebagai yang paling sering jadi runner-up yakni tujuh kali.

Pelatih Timnas Vietnam U-23 Park Hang-seo optimistis anak asuhnya bisa mengalahkan Garuda Muda. Sebab sebelumnya, dia pernah bertemu Indonesia di timnas senior atau kelompok umur dan selalu menang.

“Kami sudah memahami Indonesia. Kami pernah mengalahkan Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 serta di kualifikasi Piala Asia U-23. Dalam perebutan gelar nanti, saya berharap Vietnam akan menang lagi melawan Indonesia untuk meraih medali emas SEA Games,” ujarnya.

Duel besok malam juga akan menjadi pertarungan dua striker tajam kedua tim untuk memperebutkan status top skor. Osvaldo Haay (Indonesia) dan Ha Duc Chinh (Vietnam) saat ini sama-sama mengemas 8 gol.

Pertandingan juga diprediksi akan berlangsung sengit mengingat kedua tim memiliki produktivitas sama kuat lantaran hingga kini sudah mencetak 21 gol. Jumlah kebobolan Indonesia dan Vietnam juga sama banyak yaitu empat kali.

PERKIRAAN PEMAIN
INDONESIA U-23 (4-3-3)
Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi, Nur Hidayat Haji Harris; Syahrian Abimanyu, Zulfiandi, Evan Dimas; Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani
Pelatih: Indra Sjafri

VIETNAM U-23 (4-5-1)
Bui Tien Dung; Do Thanh Thinh, Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung; Nguyen Trong Hoang, Nguyen Hang Duc, Do Hung Hung, Nguyen Quang Hai; Ha Duc Chinh
Pelatih: Park Hang-seo

REKOR PERTEMUAN
01/12/2019, SEA Games, Vietnam 2-1 Indonesia
24/03/2019, Kualifikasi Piala Asia, Indonesia 0-1 Vietnam
24/02/2019, Piala AFF U-22, Vietnam 0-1 Indonesia
22/08/2017, SEA Games, Vietnam 0-0 Indonesia
15/06/2015, SEA Games, Vietnam 5-0 Indonesia
19/11/2011, SEA Games, Vietnam 0-2 Indonesia.(*/mht)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top