Daerah

Febby Dt. Bangso Berharap BUMNag di Sumbar jadi Model Percontohan Nasional

Bukittinggi, Prokabar – 140 Orang Pengurus Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Se-Sumatera Barat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) RI di Hotel Pusako Bukittinggi, Senin (16/7).

Kegiatan selama tiga hari berturut-turut tersebut menargetkan BUMNag model menjadi percontohan nasional.

Staf Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) Febby Dt. Bangso menyebutkan, seluruh peserta yang hadir agar serius dan bersungguh-sungguh untuk mengelola dan membangun BUMNag yang dikelola.

Saat ini tercatat 140 BUMNag dan diundang hadir dalam kegiatan Bimtek dan akan mendapatkan dana stimulan yang lebih besar dari Kementrian Desa nantinya.

“Kami harapkan BUMNag di Sumbar ini menjadi percontohan. Dengan itu BUMNag akan menjadi perhatian dari pemilik modal, terutama bank,”kata Febby.

Untuk memajukan BUMNag lanjutnya, diperlukan ide yang kreatif. Terutama menjadikan masalah di nagari tersebut menjadi peluang. Menjalin kerjasama dengan Akademisi seperti Unand, Media Masa, atau mencari informasi di Jaringan Internet terkait pengelolaan sebuah BUMNag atau BUMDes di Web Kementerian Desa dan PDTT RI.

“Selain itu, kita sudah digandeng Bank Nagari Indonesia (BNI) untuk membantu modal maupun hal lainnya,” lanjutnya.

Produk-produk bank yang dapat dimanfaatkan untuk usaha BUMNag adalah penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Karena pemanfaatan KUR masih sangat minim. Secara keseluruhan baru mencapai 38 persen.

Disisi lain, masyarakat petani khususnya enggan mengurus KUR. Alasannya sulit dan tidak ada waktu.

Pemanfaatan dana desa jangan hanya untuk pembangunan jalan semata. Hendaknya juga mengembangkan BUMNag sebagai penopang kesejahteraan masyarakat. Majunya BUMNag tidak hanya mengutamakan untung rugi, tapi juga pada dampak sosial.

“Sosial benefitnya akan ada jika BUMNag maju. Contohnya usaha keuangan perbankan, dengan mempermudah masyarakat adalah sosial benefit,” tutup Staf Ahli Menteri Desa dan PDTT tersebut. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top