Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Enam Kecamatan di Tanah Datar Terdampak Cuaca Buruk

Tanah Datar, Prokabar – Tingginya curah hujan di wilayah Sumatera Barat termasuk Tanah Datar bedampak terjadinya tanah longsor, pohon tumbang dan air bah yang merendam beberapa lahan pemukiman masyarakat.

Beberapa daerah di Tanah Datar yang tersampak bencana itu diantaranya di kecamatan Sungai Tarab, Salimpaung, Tanjung Baru, Batipuh Selatan, Lintau Buo Utara dan kecamatan Sungayang.

Camat Sungai Tarab Afrizal menyebut dirinya langsung ke lokasi usai mendapat laporan air bah dan longsor yang terjadi di wilayahnya Juma’t dini hari. Ia juga mengatakan langsung mengungsikan masyarakat yang berada di sepanjang daerah aliran sungai untuk mengantisipasi air bah susulan.

Lebih lanjut Afrizal mengatakan, saat ini masyarakat bersama Tim dari pemerintah fokus untuk membersihkan lumpur dan mengecek ke lokasi-lokasi yang terdampak air bah.

Sementara itu, Kepala BPBD Tanah Datar Thamrin menyampaikan, sebagai laporan sementara terjadi 4 titik longsor di ruas jalan Tabek Patah – Baso dan longsor lainnya.

Saat ini tim sedang melakukan pembersihan dan pendataan, dan pengecekan lapangan dan melakukan penanggulangan awal dibantu satgas nagari.

Bagi warga yang bermukim di bantaran sungai di Sungai Tarab sudah di evakuasi ke rumah saudara dan kondisi debit air saat ini juga sudah turun.

Disisi lain, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menginstruksikan OPD terkait untuk turun ke lapangan mencek kondisi beberapa tempat yang dilanda musibah.

“OPD terkait kiranya dapat ditugaskan Kadis PUPR, Ka BPBD, dan Kadis Sosial untuk turun ke lapangan mencek kondisi beberapa tempat yang dilanda musibah dan diminta OPD terkait memberikan laporan upaya penanggulangan,” sampai Bupati. (eym)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top