Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Eka Putra-Richi Aprian Tampil Apik Debat Putaran II Pilkada Tanah Datar

Dibaca : 254

Tanah Datar, Prokabar. Pasangan Eka Putra-Richi Aprian tampil Apik dan total dalam debat publik putaran kedua antar pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Selasa (2/12) malam. Berbagai program unggulan dipaparkan secara jelas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimasa mendatang.

Dalam debat bertema Infrastruktur, UMKM, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup itu, pasangan Eka Putra-Richi Aprian memaparkan misi penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya peningkatan ekonomi melalui penyerapan tenaga kerja, peningkatan UMKM, serta peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur.

“Diantara penyediaan lapangan kerja nantinya akan kita upayakan menarik investor untuk pembangunan pabrik karet di Tanah Datar. Karena, beberapa kecamatan di Tanah Datar merupakan pemasok karet terbesar selama ini, namun harga jual karet masih belum mampu membuat petani sejahtera, ” papar Eka Putra.

Dengan adanya pabrik karet di Tanah Datar nantinya sebut Eka Putra, tentu juga akan menarik perhatian dari kabupaten tetangga yang sebagian besar juga daerah penghasil karet selama ini.

Dalam bidang UMKM, pasangan ini juga berencana untuk meningkatkan market place untuk potensi produk-produk yang ada selama ini di Tanah Datar.

“Sejauh ini masyarakat kita hanya sebagai penerima upah dari pesanan-pesanan, tentu hal ini masih belum optimal. Nantinya, kita akan carikan market place bagi para pengusaha pengrajin UMKM kita yang memiliki potensi produk berdaya saing, agar UMKM di Tanah Datar semakin berkembang dan maju, ” sebut Eka Putra diamini Richi Aprian.

Dalam debat yang berlangsung sejak pukul 21.00 Wib hingga 00.30 Wib itu, pasangan Eka Putra-Richi Aprian juga akan upayakan peningkatan kesejahteraan petani. Dengan penyediaan bibit gratis, dan peningkatan kuota pupuk, serta bantuan alat pertanian.

“Seperti kita ketahui, saat ini para petani sangat kewalahan mendapatkan pupuk untuk tanaman mereka. Nantinya, kita akan upayakan bagaimana kuota pupuk bertambah untuk Tanah Datar, hingga petani kita dapat lebih mudah untuk mendapatkan pupuk, ” sebutnya.

Peningkatan jaringan telekomunikasi di kawasan blank spot juga menjadi perhatian bagi pasangan ini. Karena, saat ini masih ada beberapa wilayah di Tanah Datar yang susah mendapatkan sinyal, hingga tidak seluruh masyarakat mudah mendapatkan akses informasi.

“Terkait Sumber Daya Alam, pengadaan bank sampah menjadi salah satu program kita. Selain untuk keselarasan lingkungan, tentunya ini nanti dapat membuka lapangan kerja baru, “sebut Eka.

Semua persoalan yang dihadapi terutama untuk peningkatan kesejahteraan sebut Richi, akan diupayakan dengan berbagai solusi. Dimana, solusi itu dengan strategi yang nantinya diatur dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Tidak luput dalam pandangan pasangan ini untuk pengembangan pengelolaan Danau Singkarak. Selain untuk menjaga lingkungan, dengan diajukannya Danau Singkarak untuk menjadi kawasan Geopark, nantinya akan mampu menjadi objek wisata unggulan di Tanah Datar.

“Selain wisata unggulan, pariwisata nagari saat ini juga tengah menggeliat. Kedepannya kita akan berusaha meningkatkan bagaimana semua objek wisata menjadi destinasi bagi pengunjung di Tanah Datar, ” ucap Eka.

Jika terpilih nantinya, Eka Putra dan Richi Aprian komit lawan Covid 19 dalam program 100 hari kerja.

“Kita akan upayakan recovery perekonomian, mulai dari pertanian, peternakan dan bidang lainnya. Termasuk akan upayakan sekolah tatap muka maupun daring. Dan akan mengoperasikan seluruh objek wisata yang tersebar, ” paparnya. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top