Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Artikel

Edukasi Bagaimana Kita Menyikapi Virus Corona (Covid-19)

Dibaca : 1.849

Oleh : Silvia Permata Sari (Dosen Universitas Andalas)

 

Padang, Prokabar — Siapa yang tak tahu dengan virus Corona atau Covid-19? Akhir-akhir ini masyarakat kita dihebohkan dengan makhluk kecil itu. Sebut saja namanya Corona. Kampus jadi sepi, pasar jadi sepi, kasihan pedagang kecil yang ekonominya, biaya hidupnya sehari-hari tergantung dengan hasil jualannya setiap hari.

Ketika semua orang takut Corona, kasihan sekali, miris sekali. Coba bayangkan oleh anda, bagaimana bapak/ibu pedagang kecil yg berjualan di pasar tradisional yang dagangannya banyak tersisa atau busuk begitu saja karena tidak ada pembelinya. Perekonomian kita jatuh, harga Dollar makin tinggi (bahkan siang ini mencapai 16.000), malah harga emas sampai sore ini sebesar 1.930.000,00 per ameh (istilah emas di Kota Padang).

Artinya apa? warga miskin semakin miskin, akhirnya yang bertahan hanya pedagang besar atau pengusaha tingkat kelas menengah ke atas.Tempat ibadah (masjid) menjadi sepi, orang takut ibadah ke masjid, begitu juga dgn tempat lainnya, apalagi setelah ada himbauan untuk “lowkdown” (beraktifitas di rumah saja).

Terlepas dari itu semua, mari kita edukasi diri kita, keluarga, warga kita agar terhindar dari virus Corona atau Covid-19 tersebut.

Manusia itu adalah makhluk ciptaan Allah yang sempurna dibandingkan makhluk lainnya (seperti hewan, tumbuhan, bakteri, nematoda, protozoa, bahkan virus pun). Buktinya Allah memberi mekanisme “antigen dan antibodi” di dalam tubuh manusia. Jika ada gen asing masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan muncul reaksi kekebalan tubuh kita (antibodi).

Jika tubuh kita sehat, imun kita bagus, maka virus itu tidak akan bereplikasi atau berkembang biak dalam tubuh kita. So, jangan parno/takut/cemas/panik dengan corona. Terus bagaimana kita menyikapi Corona Virus tersebut ? Ada beberapa usaha atau ikhtiar yang bisa kita lakukan bersama, sebagai berikut:

1. Jangan (C) Cemas/stress/panik. Kalau anda sudah cemas/stress/panik duluan karena ketakutan terinfeksi Corona, anda akan mudah terserang penyakit, bukan hanya Corona tetapi juga penyakit lain seperti asam lambung anda naik, jantung anda akan berdenyut cepat. Anda bukannya mati karena Corona tetapi karena jantungan.

2. Jangan (O) makan-makanan Olahan, seperti gorengan, jeroan, kalengan, santan berlebihan. Alangkah bagusnya makanan tersebut amda masak atau bikin sendiri. Jadi jelas bersih dan sehatnya.

3. Jangan (R) meRokok. Buat kamu yang perokok, berhentilah merokok !!! Karena rokok itu mudah menginfeksi saluran pernafasanmu dan virus Corona akan mudah menyerang. Artinya orang perokok akan tinggi peluangnya terinfeksi virus Corona.

4. Jangan (O) Ogah-Ogahan. Artinya kalau sudah diberitahu bagaimana bahaya dan cara menghindari Corona, anda tetap saja bandel alias tidak mengikutinya, resiko terinfeksi Corona akan lebih tinggi. Contohnya:

✓ Jangan keluyuran/kumpul-kumpul.

✓ Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir setelah melakukan aktivitas/pegang sesuatu/sebelum makan.

✓ Segera mandi dan ganti baju setelah pulang dari luar rumah (berpergian). Setelah bersih baru kontak dengan anak-anak atau anggota keluarga anda lainnya. Artinya biasakan hidup bersih.

5. Jangan (N) Nongkrong/keluyuran/begadang. Karena perilaku jelek ini akan bikin kesehatanmu menurun dan mudah terserang wabah penyakit (tidak hanya virus Corona, tetapi juga penyakit oleh bakteri maupun virus lainnya). Kalau tidak terlalu penting/urgent pergi keluar, tidak usah keluar rumah, alias lockdown.

Lakukan kegiatan yg bisa dilakukan di rumah, lakukan di rumah saja. Kurangi kegiatan di luar, apalagi kegiatan yang kurang bermanfaat. Istirahat yang cukup atau berkualitas. Minimal sehari itu tubuh anda butuh ± 6-7 jam/hari.  

6. Jangan (A) salah Asupan. Makanlah makanan yang bersih dan bergizi. Perhatikan gizi makanan andam seperti yang dianjurkan selama ini 4 sehat dan 5 sempurna (dimana ada karbohidratnya, protein, lemak, dan vitaminnya). Perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan !! Kenapa ? Karena vitamin itu mengaktivasi (mengaktifkan) system imun atau kekebalan tubuh kita. Konsumsilah sayuran dan buah-buahan lokal kita, jangan buah impor. Belilah produk pertanian kita, itu lebih terjamin dibandingkan kita beli produk hasil pertanian impor.

Jangan konsumsi makanan mentah termasuk sayuran mentah, seperti lobak (kol), selada, dan lain-lainnya. Masaklah hingga matang dan baru anda konsumsi.

7. 3 B ; Perbanyak Berdzikir, Berwudhu, dan Berdoa. Dzikir membuat jiwamu lebih tenang. Sedangkan berwudhu membuat kita bersih dari hadast kecil dan hadast besar. Jaga wudhumu. Berdoa kepada Allah SWT atau Tuhan agar kita, keluarga, teman, kota, bangsa kita terhindar dari wabah virus Corona ini. Mau makan atau melakukan sesuatu, ingat nama Allah atau jangan lupa baca Bismillah.

8. Yang terakhir itu apa? Yaitu: Pasrahin/Serahin ke Allah SWT atau Sang Pencipta kita.

Jika semua ikhtiar atau usaha di atas sudah kita lakukan, ternyata terserang virus Corona juga.Itu namanya musibah dan takdir TAPI jangan menyerah pergi berobat ke rumah sakit & yakinkan diri anda bisa melawan dan sembuh dari infeksi virus tersebut agar imun anda meningkat dan sehat kembali. So, Jangan takut virus, tapi takutlah pada Sang Pencipta-Mu. Jangan sampai tidak produktif karena Corona, tetaplah produktif dimana pun anda berada. (***)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top