Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Dukungan Masyarakat Makin Masif, Rusma-Rudi Pempimpin Disegani, Bukan Ditakuti

Dibaca : 378

Pesisir Selatan, Prokabar — Dukungan masyarakat Pesisir Selatan (Pessel,) kepada calon Bupati dan Wakil Bupati, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah mangkin masif saja.

Dukungan ini datang dari masyatakat Kecamatan Batang Kapas, memadati kunjungan Calon Bupati Rusma Yul Anwar.

Tekad sudah bulat. Mereka optimis, pria yang kini juga menjabat wakil bupati itu mampu membawa perubahan bagi Pessel ke depannya. Apalagi, Nagari IV Koto Mudik, khususnya banyak dibantu.

“Jalan lingkar dan irigasi, misalnya. Kami sangat terbantu,” ungkap Syafran Tamsa, seorang tokoh masyarakat Nagari (Desa) Lubuk Nyiur pada wartawan saat kunjungan Rusma Yul Anwar di nagari itu, Rabu (18/11).

Menurut Syafran, Rusma Yul Anwar bagi masyarakat sosok pemimpin kharismatik. Bak kata pepatah, dia pempimpin yang disegani, bukan ditakuti. Tajam tidak melukai, keras tidak menyakiti.

Pada kesempatan itu, warga juga meminta Rusma Yul Anwar memenuhi kebutuhan petani akan irigasi. Saat ini, irigasi yang ada tidak mampu mengaliri sawah petani.

Apalagi, sebagian besar masyarakat di Nagari Lubuk Nyiur, Sungai Nyalo dan Tuik adalah petani. Bahkan, lebih dari 90 persen warga menggantungkan ekonominya pada sektor pertanian.

Selain itu, menyediakan akses jalan yang memadai. Selama ini, jalan kabupaten menuju Lubuk Nyiur dan sekitarnya tidak memadai. Kondisi jalan sempit. Rawan longsor dan banjir.

Sementara, Rusma Yul Anwar berjanji mengakomodir kebutuhan masyarakat Lubuk Nyiur, Sungai Nyalo dan Tuik. Ia paham, pertanian masih primadona ekonomi Pessel secara umum.

Tak hanya infrastruktur pertanian dan infrastruktur dasar semata. Ia juga menegaskan mengarus utamakan kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat.

Selama ini, masih banyak keluhan soal biaya kesehatan dan pendidikan. “Ini yang kita prioritaskan, pemerintah harus hadir ketika masyarakat membutuhkan,” ujarnya.

Sedangkan terkait peningkatan taraf ekonomi msyarakat, ia bertekad bakal memprioritaskan arah pemabangunan sesuai kebutuhan dan potensi ekonomi daerah.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar-besarnya harus dinikmati masyarakat. Anggaran daerah harus mampu menjadi stimulan bagi pelaku usaha.

“Artinya, harus dinikmati pelaku usaha lokal. Pengusaha kita jangan jadi penonton di kampungnya sendiri,” terangnya.

Rusma Yul Anwar merupakan Calon Bupati berpasangan dengan Rudi Hariyansyah sebagai Calon Wakil Bupati. Keduanya maju diusung Partai Gerindra, PAN, Berkarya, PBB dan didukung Partai Gelora. (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top