Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Dua Unit Alat Berat Dikerahkan Bersihkan Material Longsor Nagari Sumpur

Dibaca : 232

Tanah Datar, Prokabar — Dua alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor di Kecamatan Batipuh Selatan Tanah Datar, Kamis (4/6). Proses pembersihan material longsor baru bisa dilakukan pada siang hari yang melibatkan personil gabungan dan juga masyarakat setempat.

Sebelum alat berat tiba dilokasi bencana, petugas telah terlebih dahulu melakukan pembersihan dengan alat seadanya. Hal ini dilakukan sembari menunggu alat berat tiba.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar yang menyambangi lokasi kejadian mengatakan, kawasan di Kecamatan Batipuh selatan termasuk sebagai kawasan rawan longsor dan banjir bandang. Dari Januari 2020 hingga Juni, sudah tiga kali dilanda bencana longsor dan banjir bandang.

Zuldafri Darma berharap dinas terkait bersama camat, wali nagari, wali jorong bersama masyarakat terdampak serta instansi terkait lainnya untuk duduk bersama bermusyawarah terhadap kemungkinan dan langkah antisipasi bencana lanjutan.

“Sesuai data, kejadian bencana di sini sudah untuk kedua kalinya, karena itu Saya harap Instansi terkait bersama masyarakat bersepakat apakah ada kemungkinan untuk berpindah ke lokasi baru. Pemerintah siap membantu melalui dinas terkait,” ujar Wabup.

Sementara itu Wali Nagari Sumpur Ade Enriko menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan pemerintah Kabupaten bersama rombongan. “Memang di lokasi ini sudah kali kedua bencana ini, dan kunjungan pak Wabup bersama Pak Dandim dan Bapak Ibu anggota dewan bisa menjadi sitawa sidingin bagi kami,” ujarnya.

Sekaitan permintaan Wabup kemungkinan untuk dipindah ke lokasi lain, ia menyampaikan akan lakukan pembicaraan selanjutnya. “Tentunya informasi dan permintaan pak Wabup untuk pindah ke lokasi akan kita bicarakan lebih lanjut, bersama masyarakat terdampak dan instansi terkait lainnya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan kepada masyrakat yang terdampak bencana.

“Bantuan yang kami serahkan ini merupakan bantuan awal sebagai bukti pemerintah ada untuk masyarakat, dan bantuan untuk Bapak Ibu terdampak selanjutnya tentu ada, namun tentu persyaratan administrasi harus dilengkapi,” katanya.

Adapun longsor menyebabkan 5 (lima) Rumah warga mengalami kerusakan dan 1 (Unit) Mushalla, dengan rincian, rumah Nofriadi, (laki-laki 50 th) dimana rusak perkarangan rumah, Rumah M. Nur (Mak Inua), (laki-laki, 65 th) rusak berat, Rumah Syafril, (laki-laki, 65 th) Rusak Ringan), Rumah Ermawati (perempuan, 54 th) Rusak Bagian Dapur Rumah), Rumah Zurni, (laki-laki 50 th) Rusak Ringan) dan Mushalla Al Kausar Rusak Ringan. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top