Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Dua Ratus Pelaku Wisata dan Usaha di Tanah Datar Jalani Uji Swab

Dibaca : 359

Tanah Datar, Prokabar — Sebanyak 200 pelaku wisata di Tanah Datar jalani uji swab. Seluruhnya terdiri dari petugas destinasi wisata, hotel, pelaku usaha restoran serta pedagang di destinasi wisata itu sendiri.

Kabid Pariwisata Tanah Datar Efrizon mengatakan, jika uji swab dilingkungan istano basa Pagaruyung sendiri diikuti lebih kurang 60 karyawan baik itu satpam, petugas K3, juru foto dan guide, dan bahkan pedagang.

“Untuk istano ada lebih kurang 60 orang. Ada juga dari hotel emersia, emerone, hotel pagaruyung, yoherma. Untuk pelaku usaha kuliner, ada aroma, chanta, pondok flora. Jatahnya untuk 200 orang. Dan juha pelaku wisata lainnya,” kata Efrizon.

Lebih lanjut Efrison mengungkapkan uji swab yang dilakukan tak lain untuk menghindari dan mencegah penuralan Covid 19 serta memberikan rasa aman, baik terhadap petugas maupun kepada wisatawan yang hendak berwisata. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menciptakan Tanah Datar bebas Covid 19.

Uji swab ini merupakan program provinsi Sumatera Barat, dimana Tanah Datar terima kuota sebanyak 200 orang. Seluruh pembiayaan juga ditanggung oleh pemerintah provinsi.

“Program ini merupakan program provinsi, dibiayai oleh provinsi. Kita untuk Tanah Datar dapat jatah untuk 200 orang,” ujar Efrizon.

Untuk uji swab sendiri ungkap Efrizon, pengambilan sampel dilakukan dimasing masing puskesmas dimana tempat wisata tersebut berada. Pengambilan sampel pun telah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu.

“Kita untuk program ini berkordinasi dengan Dinas Kesehatan. Jadi dimana uji swabnya, puskesmas mana itu, Dinkes kita yang menunjuk,” tutup Efrizon.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top