Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Dua Maskapai Sudah Beroperasi di Bandara Palu

Dibaca : 427

Palu, Prokabar — Pelayanan penerbangan komersil di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jumat (5/10), berangsur-angsur sudah mulai beroperasi seperti sediakala.

Berdasarkan keterangan dari Petugas Imigrasi George Isa M, mulai Senin (1/10) bandara tersebut sudah mulai beroperasi, namun dibatasi hanya untuk keperluan tanggap darurat. Sekitar empat penerbangan komersial dengan model pesawat ATR sudah bisa turun aman dilandasan.

“Ada penerbangan yang sudah mulai Senin, hanya untuk bantuan saja,” kata George Isa M di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Kota Palu, Provinsi Sulteng.

Disana, lanjut dia, pesawat jenis Boeing belum bisa mendarat, karena ada sejumlah kerusakan pada lintasan. Jadi, terlalu berisiko bagi pesawat jenis itu untuk dapat mendarat dilandasan bandara.

Hingga saat ini, maskapai Garuda Indonesia dan Wings Air dengan pesawat jenis ATR dengan tujuan Makassar, Sulawesi Selatan menjadi wilayah tujuan utama masyarakat. Dilanjutkan wilayah Luwuk dan Gorontalo menjadi tujuan masyarakat yang memakai jasa penerbangan di bandara ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kondisi bandara memang dipenuhi oleh puing-puing reruntuhan pasca terdampak gempa. Dari mulai lobby pelayanan check in, pengambilan bagasi, hingga pintu masuk kedatangan dipenuhi oleh atap baja yang runtuh.

Meskipun begitu, pihak bandara tetap berupaya melayani masyarakat dengan maksimal. Dengan peralatan seadanya membuat lintasan alur kedatangan dan keberangkatan agar tetap tertib ketika pelayanan penerbangan.

Tak hanya itu, pihak bandara juga saat ini tengah melalukan renovasi untuk memperbaiki ruangan yang terkena dampak gempa. Hingga pukul 21.00 WITA pekerja kontruksi terlihat lalu lalang mengangkut bekas-bekas atap baja yang berserakan. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top