Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

DPRD Gelar Fit And Proper Test Calon Anggota Komisi Informasi Sumbar

Dibaca : 487

Padang, Prokabar — Setelah menjalani serangkaian tes dari Bulan September 2018 lalu, 13 calon Anggota Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat menjalani fit & proper test sebagai rangkaian akhir dari pelaksanaan seleksi Calon Anggota KI Sumbar Masa Jabatan 2018-2022 di Ruang Rapat Khusus Komisi, Senin pagi (7/1).

Sebelumnya, ke-13 calon tersebut telah melalui seleksi administrasi, uji potensi, psikotes, wawancara hingga pembuatan makalah dengan Tim Seleksi (Timsel).

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Guspardi Gaus saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa pelaksanaan fit and proper tes merupakan tahapan akhir untuk melihat sejauh mana kapabilitas dan kemampuan seorang calon dalam mengemban amanah keterbukaan informasi ketika terpilih nantinya.

“Dalam proses ini, tidak ada intervensi dari siapa pun sebab DPRD netral dan independen dalam melakukan tes, Komisi I mempunyai instrumen dalam menguji yang bersifat independen. Nantinya, setiap peserta mempunyai kesempatan yang sama,” ujar Guspardi.

DPRD menjalankan uji kelayakan dan kepatutan, serta menilai integritas dan independensi calon. Akhirnya, DPRD akan menentukan dan menetapkan lima komisioner definitif.

Pelaksanaan fit and proper test digelar secara tertutup, dan peserta akan bergantian masuk satu persatu setelah mendapat panggilan untuk melaksanakan wawancara dengan Anggota Komisi I DPRD Sumbar. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top