Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

DPD PAN Pessel Buka Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati

Dibaca : 403

Pessel, Prokabar – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Jumat (1/11) membuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2020 mendatang.

Penjaringan balon bupati dan wakil bupati tersebut, dipusatkan di Sekretariat DPD PAN Pessel, di jalan Ilyas Yakub.

“Iya, mulai hari Jumat 1 November 2019 kami buka penjaringan selama 20 hari. Silakan bagi putra dan putri terbaik Pessel untuk mendaftar,” kata Ketua DPD PAN Pessel, Yul Afnedi Kamis (31/10).

Ia menambahkan, pendaftaran balon bupati dan wakil bupati tersebut, terbuka bagi kader PAN, maupun diluar PAN.

Pendaftaran tersebut, ungkap Yul, untuk membuktikan keseriusan bagi balon yang hendak membangun Pessel lewat kursi bupati dan wakil bupati.

“Kriteria secara khusus balon bupati dan wakilnya belum, yang jelas bisa membangun Pessel yang lebih serius, “ujarnya lagi.

Kendati demikian, PAN tetap mendukung kadernya sendiri untuk bertarung pada pesta demokrasi mendatang.

Namun segala itu tetap diputuskan oleh DPP, DPD PAN sifatnya hanya menjaring saja.

Sekadar diketahui, saat ini kader PAN berhasil merebut lima kursi pada pileg kemaren, sehingga kader PAN mampu menduduki kursi pimpinan.

Artinya, jika ingin mengusung kandidat sendiri, PAN masih membutuhkan kolasi dengan partai lainnya. “Kami sudah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai,” ungkapnya.

Sesuai UU Pilkada, syarat mengusung kandidat di Pilkada nanti lewat jalur parpol, minimal mengantongi 9 kursi di DPRD Pessel.

Lebih lanjut Yul Afnedi mengatakan, tim penjaringan ini hanya sebatas menjaring bakal calon, bakal calon yang sudah mendaftar selanjutnya akan diserahkan ke DPW PAN dan DPP PAN yang nantinya diseleksi.

“Yang menentukan bakal calon yang akan diusung adalah kewenangan DPP PAN, kita hanya menjaring saja,” tutupnya.(min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top