Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Donny Moenek : Inovasi Adalah Kunci Kemajuan Sumbar

Dibaca : 147

Padang, Prokabar – Donny Moenek, satu dari sedikit ahli fiskal daerah. Aliran dana dari pusat ke daerah sudah di luar kepalanya. Sekjen DPD ini melihat, Sumbar memerlukan tindakan inovatif. Menurut dia, pemimpin provinsi ini harus bisa mengubah hambatan jadi peluang.

“Itu strategi manajemen,”katanya kepada prokabar.com, Minggu (26/1). Menurut dia kunci itu adalah inovasi

Pakar desentralisasi fiskal dan investasi daerah ini, menyebut, Sumbar terutama anak muda yaitu kaum milenial harus bisa mengisi market opportunity pada periode 2020-2030. Karena itu, menurut dia, yang perlu diperbaiki tak lain efektivitas pemerintahan.

“Nilai tradisi dan genetic Minangkabau itu adalah wirausaha,”kata dia.

Ia setuju kalau budaya kerja lembaga pelayan publik dan investasi mengubah gayanya dari birokrat sejati menjadi gaya perusahaan. Dalam korporasi atau perusahaan dikenal adanya kompetisi, kapasitas, kompetensi. Perubahan gaya ini perlu agar bisa memacu pertumbuhan ekonomi.

Moenek adalah pejabat senjor dan tokoh asal Minang yang disebut-sebut bakal maju dalam pilgub Sumbar mendatang. Ia merupakan figur yang bisa memaju daerah ini menuju pertumbuhan ekonomi (PE) yang baik, Bahkan dalam beberapa tahun missal 3 atau 4 tahun bisa mencapai PE 7 persen. Ini diyakini bisa jika tim yang ia bentuk terdiri dari pekerja keras dan profsional. Jika tim yang ada sekarang saja, maka kantor gubernur akan melempem.

Bupati walikota juga harus bekerja keras untuk Sumbar, jika hanya menyebar balio saja setiap tahun, maka Sumbar akan tetap seperti sekarang. (laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top