Daerah

Ada Kegiatan ‘Gebyar Menimbang’ di Kelurahan Rawang

Padang, Prokabar — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang menggelar kegiatan ‘Gebyar Menimbang’ yang diintegrasikan dengan bulan vitamin A bagi bayi-bayi yang ada di Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan. Kegiatan ini dipusatkan di Aula Kantor LPM Kelurahan Rawang, Rabu (21/8).

Kepala DKK Padang diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas), Devitra Wiguna sewaktu membuka kegiatan menyampaikan, operasi timbang yang disejalankan dengan bulan Vitamin A ini dimulai sejak Februari dan akan berakhir bulan Agustus ini.

“Vitamin A sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kemungkinan terkena atau meringankan timbulnya penyakit diare dan campak. Selain itu yang tak kalah penting adalah mencegah kemungkinan terkena rabun senja pada anak (xeropthalmia),” paparnya.

Devitra melanjutkan, penimbangan ini dilakukan juga untuk meningkatkan cakupan balita yang ditimbang lebih dari 75 persen. Dengan demikian, kasus kasus gizi kurang dan gizi buruk dapat ditemukan secara dini dan segera diatasi.

“Sehingga tidak menimbulkan akibat lebih lanjut. Maka itu kita sengaja menggelar gebyar menimbang bersamaan dengan bulan vitamin A. Karena biasanya jumlah balita yang datang ke Posyandu akan meningkat saat ada pemberian vitamin A,” tukuknya.

Sementara itu Lurah Rawang, Andi Amir menyebut atas nama pemerintah kelurahan dan warga Kelurahan Rawang sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Ia pun juga berpesan agar para orang tua agar intens memperhatikan kesehatan anak anaknya. Karena anak-anak akan menjadi generasi penerus kemajuan bangsa.

“Selanjutnya saya juga berharap kepada para orang tua khususnya yang hadir pada acara ini maupun yang tidak hadir, untuk dapat menyampaikan tentang pentingnya menimbang dan memberikan vitamin A pada balita. Mari kita sosialisasikan,” imbau Andi menyerukan.

Dalam kesempatan itu juga hadir Sekcam Padang Selatan, Kepala Puskesmas Rawang, Ketua TP-PKK Rawang serta para kader balita di Kelurahan Rawang. (rel/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top