Daerah

Ditinjau Wagub Sumbar, Bupati Pasaman Barat Minta Diprioritaskan Penaganan Bencana Banjir

Dibaca : 139

Pasaman Barat, Prokabar — Kabupaten Pasaman Barat rawan bencana banjir. Asal sudah memasuki musim hujan, pasti banyak daerah di kabupaten itu mengalami kebanjiran. Cukup kewalahan pimpinan daerah menghadapi permasalahan yang sudah menahun ini.

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat mengharapkan ada solusi mengatasi banjir yang terus terjadi dari luapan sejumlah sungai di daerah itu dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Sumatera Barat.

“Karena dalam mengatasi banjir di daerah kami butuh biaya yang cukup besar. Dengan ada tinjauan langsung dari Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi ke lokasi kami kemarin, hendaknya menjadi langkah awal perbaikan ke depannya dengan menyampaikannya ke pemerintah pusat,” kata Bupati Pasaman Barat Hamsuardi.

Hamsuardi menyebutkan, banjir terus terjadi di sejumlah wilayah dari Sungai Batang Sikabau, Sungai Batahan, Batang Bayang dan Sungai Batang Saman sehingga menimbulkan dampak kerugian bagi masyarakat.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy saat mengunjungi Pasamam Barat pada Kamis (11/3) mengatakan, mitigasi bencana di Pasaman Barat akan menjadi prioritas, meskipun butuh ratusan miliar untuk itu.

Ia langsung meninjau jalan Pelabuhan Teluk Tapang, irigasi Batang Batahan dan lokasi banjir Batang Sikabau dan Batang Bayang untuk usulan program prioritas tahun 2022.

“Sebentar lagi saya bersama gubernur akan melakukan rapat bersama Kementerian Maritim tentang ini. Jadi, saya ingin melihat langsung ke lokasi, seperti apa Sungai Batang Bayang, Sungai Batahan, Sungai Batang Sikabau. Kita bisa merancang penanganan antisipasi bencana ke depan,” ujarnya.

Anggaran untuk pembangunan tersebut memang tidak sedikit dan APBD tidak akan mampu. Makanya, ia bersama dengan pemerintah daerah akan berusaha menyampaikan kepada pemerintah pusat. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top