Daerah

Ditetapkan Bersama, Ini Besaran Zakat Fitrah di Pasaman

Dibaca : 130

Pasaman, Prokabar – Masyarakat Pasaman agaknya sudah bisa merealisasikan zakat fitrahnya. Sebab, besaran zakat fitrah Ramadhan 1442 Hijriah ini sudah ditetapkan.

“Penetapannya sudah sejak 16 April lalu. Disepakati oleh semua unsur terkait,” kata Ketua Baznas Pasaman, Habibullah, Rabu (21/4).

Dirinci Habibullah, besaran zakat fitrah ini ditetapkan bersama pihak Kemenag Pasaman, Bagian Kesra Pemkab Pasaman, Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Naker Pasaman, MUI Pasaman, NU Pasaman, Baznas Pasaman dan beberapa pihak lainnya.

Dijelaskannya, untuk zakat fitrah yang telah dikonversikan dalam bentuk uang ada tiga golongan. Pertama untuk masyarakat yang mengkosumsi berat kualitas tinggi, zakat fitrahnya Rp36 ribu per orang, beras menengah Rp30 ribu dan beras biasa Rp26 ribu.

“Islam menganjurkan masyarakat untuk pembayaran zakat fitrah dari makan pokok yang di konsumsi sehari-hari (beras) dengan takaran 3 1/3 liter / 10 tekong / 2,5 kilogramnya. Setelah dikonfersikan, terdapat tiga golongan atau tingkatan,” jelas Habibullah.

Masyarakat Pasaman bisa menunaikan zakat fitrahnya melalui Baznas atau ke pengurus masjid dan mushalla serta juga bisa langsung kepada masyarakat yang termasuk dalam golongan penerima. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top