Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ditargetkan Jadi Sentral Sayur Segar, Pemnag Aia Manggih Aktifkan Lagi Pasar Daliak

Dibaca : 111

Pasaman, Prokabar — Pemerintahan Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping akan mengaktifkan kembali pasar Daliak. Dimana pasar rakyat ini sudah lama tidak berfungsi, hingga puluhan tahun lamanya. Ini demi menunjang prekonomian masyarakat, terutama para petani sayur.

“Rencananya mengaktifkan kembali pasar Daliak, pihak nagari telah melakukan musyawarah dan mufakat dengan unsur niniak mamak dan masyarakat setempat” kata Wali Nagari Aia Manggih, Abdi Yusran, Kamis (7/1).

Mempersiapkan operasional pasar itu, pihak pemerintah nagari pun melakukan gotong royong membersihkan pasar Daliak. Turut hadir camat Lubuk Sikaping, Nina Darmayanti hingga perangkat nagari serta masyarakat setempat.

Diterangkan Abdi, sebahagian besar masyarakat sekitar banyak yang bertani sayuran seperti di daerah Tonang, selama ini masyarakat masih sulit untuk memasarkan hasil perkebunannya.

“Semoga pasar Daliak kedepannya menjual sayuran yang segar segar seperti pasar Padang Lua Bukittinggi dan pasar Koto Baru Padang Panjang. Jadi orang luar daerah juga bisa membeli sayuran ke pasar Daliak,” harapnya.

Dijelaskan, pasar Daliak berdiri tahun 1926 di zaman penjajahan Belanda dan beraktifitas sampai tahun 1967. Saat ini kita coba dulu memanfaatkan sarana yang ada dan pengelolaan pasar akan diserahkan ke BumNag setempat.

“Mengaktifkan kembali pasar Daliak merupakan salah satu janji saya kepada masyarakat setempat sewaktu mencalon Walinagari,” ungkap Abdi Yusran. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top