Daerah

Diplofest Ajak Generasi Muda Sumatera Barat Menjadi Bagian dari Diplomasi Indonesia

Padang, Prokabar — Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kembali menggelar Diplomacy Festival atau DiploFest pada tahun ini. Setelah sebelumnya dilaksanakan di Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung, kini Kemlu hadir menyapa warga Kota Padang, pada tanggal 1 dan 2 Februari 2019.

Sekretaris Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik Dubes Al Busyra Basnur dalam desiminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Jumat (1/2) menuturkan pihaknya berupaya untuk menghadirkan diplomasi di tengah masyarakat melalui kegiatan tersebut.

“Diplofest Padang adalah kegiatan Diplomacy Festival keempat yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri. Sebelumnya, Diplofest sebelumnya diselenggarakan di Yogyakarta, Surabaya dan Bandung yang telah menarik sekitar 15.000 peserta secara total. Diplofest diharapkan dapat mendorong masyarakat khususnya Generasi Muda, mahasiswa dan pelajar untuk dapat lebih memahami dan menjadi bagian dari Diplomasi Indonesia. Karena Diplomasi Indonesia adalah milik Bersama.” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya berharap agar masyarakat, terutama generasi muda sebagai aset diplomasi Indonesia dapat mengetahui upaya-upaya yang sudah dilakukan Kemlu dalam melindungi, menyejahterakan, dan mencerdaskan bangsa, serta berpartisipasi aktif menjaga perdamaian dunia.

Sementara itu, Direktur  Informasi dan Media Kemlu, Listiana Operananta menjelaskan Diplofest diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI untuk membumikan diplomasi Indonesia agar lebih dekat dengan masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa, pelajar dan pemuda pemudi di Padang. 

“Diplofest menghadirkan dua kegiatan yaitu public lecture dan Festival Diplomasi. Dalam Public lecture, para pelajar dan mahasiswa dapat langsung berdiskusi dengan pelaku garis depan diplomasi Indonesia termasuk dengan Menteri Luar Negeri RI.” terangnya

Lebih lanjut ia menjelaskan, Public Lecture Bersama Menteri Luar Negeri akan diselenggarakan di Universitas Andalas tanggal 2 Februari 2019  pukul 9.00 – 11.00 pagi. Sebelumnya, Direktur Jenderal Multilateral, Febrian A. Ruddyard akan membahas mengenai kreatif ekonomi di Universitas Negeri Padang tanggal 1 Februari 2019 pukul 14.00 – 16.00.

Sementara itu dalam Festival Diplomasi yang akan diselenggarakan  di Lapangan Imam Bonjol tanggal 2 Februari 2019 mulai jam 12.00 siang, para pengujung dapat menyelami diplomasi Indonesia secara langsung. 

“Mereka dapat terjun merasakan mewakili Indonesia  berkontribusi untuk perdamaian dunia dalam sidang Dewan Keamanan PBB, berhadapan dengan wakil negara lain dalam sidang bilateral, berlatih berbicara di depan publik, dan simulasi TOEFL/IELTS.” sambungnya.

Festival Diplomasi juga menghadirkan area Edu Fairs, dimana pelajar dapat mengujungi berbagai booth dari berbagai program beasiswa, bagaimana menjadi Diplomat, hingga lowongan kerja di Organisasi Internasional.  Pengunjung juga dapat langsung berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan para diplomat Indonesia. 

Selain itu, Festival akan menampilkan berbagai artis Nasional seperti RAN, Payung Teduh dan Yura Yunita untuk meramaikan suasana DiploFest. 

Pendaftaran untuk Public Lecture dan Festival Diplomasi telah dibuka sejak 27 Februari 2019. Pendaftaran dapat dilihat melalui Instagram dan twitter Kemlu RI di @Kemlu_RI. (hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top