Daerah

Dipasang Stiker, Puluhan Penerima PKH Pilih Undur Diri

Tanah Datar, Prokabar – Pemasangan stiker bagi penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Tanah Datar efektif menekan angka penerima yang rata-rata keluarga berekonomi rendah. Di Kecamatan Sungai Tarab saja misalnya, beberapa keluarga menyatakan mengundurkan diri sebagai penerima dengan berbagai alasan.

Afrizal, Camat Sungai Tarab mengatakan, jika pemasangan stiker tersebut dilakukan agar penerima bantuan pemerintah itu benar-benar tetap sasaran. Sebelum dilakukan pemasangan stiker, para penerima dari nagari-nagari diberikan pemberitahuan terkait mekanisme bantuan itu dan pemasangan stiker di rumah masing-masing penerima.

Setidaknya, di Kecamatan Sungai Tarab terdata, di Nagari Sungai Tarab terdapat 14 kelurga mengundurkan diri, Nagari Simpuruik 9 orang, Nagari Pasia Laweh 15 orang, Nagari Rao Rao 17 orang, Nagari Gurun 7 orang, Nagari Koto Tuo 26 orang, Nagari Kumango 13 orang. Saat ini, total penerima dana PKH yang mengundurkan diri di kecamatan itu sebanyak 101 orang atau keluarga.

“Pada umumnya, para penerima yang mengundurkan ini alasannya tidak lagi berhak sebagai penerima. Itu tentu kita apresiasi,” ucap Afrizal.

Dari data pihak kecamatan, setidaknya di Kecamatan Sungai Tarab terdapat 1.411 penerima. Dengan adanya program pemasangan stiker kediaman masing-masing penerima, diharapkan dapat menekan angka penerima yang tidak berhak.

Dana PKH merupakan, Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program penanggulangan kemiskinan. Kedudukan PKH merupakan bagian dari program-program penanggulangan kemiskinan lainnya. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top