Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Dinkes Tanah Datar Ajak Masyarakat Pilah Informasi Bohong Terkait Vaksin

Dibaca : 521

Tanah Datar, Prokabar – Berbagai persiapan dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tanah Datar, khususnya Dinas Kesehatan dalam rangka menyukseskan program vaksinasi Covid 19.

Pelaksanaan vaksinasi sendiri akan dilakukan pada Februari 2021 mendatang dengan sasaran pertama petugas kesehatan dan petugas yang berhuhungan dengan pelayanan publik.

Roza Mardiah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan sosialisasi, baik ke Puskesmas, UPT, Rumah Sakit, lintas sektoral terkait program vaksinasi tersebut.

“Sebelum dilakukan vaksinasi lebih lanjut, kita harus ada pencanangan. Nanti akan dicanangkan oleh bapak Bupati langsung,” kata Roza Mardiah, saat ditemui di ruangannya, Selasa (18/1).

Roza mengajak dan berharap, pihak terkait serta masyarakat untuk bisa memilah dan menganalisa informasi bohong yang beredar terkait vaksin Covid 19.

Menurut Roza, setidaknya vaksin tersebut bisa meningkatkan anti bodi seseorang, dan tidak memperberat dan menimalisir resiko jika suatu saat terpapar Covid 19.

“Mari kita sama-sama mencermati, dan vaksin ini bisa mencegah. Vaksin ini meningkatkan antibodi kita, supaya tidak memperberat Covid. Ada yang beranggapan kita tidak akan positif divaksinasi, itu anggapan. Bisa positif Covid, tapi dengan gejala lebih ringan,” ujar Roza.

Sasaran dari program vaksinasi ini kata Roza, usia dari 18-59 tahun dan tidak pernah terpapar Covid 19. Selain itu, penerima vaksin juga tidak tengah hamil, ibu menyusui dan memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta.

“Ini yang tidak boleh menerima vaksin, pertama tidak pernah terpapar Covid, punya penyakit penyerta, ibu hamil dan menyusui, serta tengah memakan obat seperti imun dan obat khusus. Itu tidak dibolehkan,” ungkap Roza.

Lebih lanjut Roza mengatakan, vaksinasi sendiri akan dilakukan di seluruh puskesmas dan rumah sakit di Tanah Datar.

“Untuk vaksin dilakukan di seluruh puskesmas dan rumah sakit. Ada 23 puskesmas dan 1 rumah sakit daerah. Itu yang sudah ditunjuk atau terdaftar. Simulasi, sebagian puskesmas sudah ada yang melaporkan jika telah melakukan itu,” tutup Roza.

Sebelumnya, 1.631 tenaga kesehatan di Tanah Datar akan menjadi kelompok pertama vaksin Covid 19. Kelompok lainnya seperti pejabat daerah, ASN, TNI-Polri, Guru hingga tokoh masyarakat. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top